Radiasi Reaktor PLTN Fukushima Terus Turun

Kebakaran di PLTN Dai-ichi, prefektur Fukushima
Sumber :
  • AP Photo/DigitalGlobe

VIVAnews - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo dan Tokyo Electric Power Company (TEPCO) melaporkan tingkat radiasi di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima I (Daiichi) terus menurun sejak proses pendinginan reaktor dengan penyemprotan air.

Menurut Staf Khusus Presiden Bidang Sosial dan Bencana, Andi Arief, proses penyemprotan air pada reaktor Nomor 3 yang dilakukan oleh Tokyo Fire Department selama 13 jam telah berakhir pada Minggu subuh, 20 Maret 2011.

"Adapun penyemprotan untuk reaktor Nomor 4 oleh 11 truk pemadam kebakaran dari Self-Defense Forces telah berakhir pada Minggu pagi dan direncanakan diteruskan pada Minggu sore hingga Senin pagi," kata Andi dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.com di Jakarta, Minggu 20 Maret 2011.

Sementara itu, dia menjelaskan, aliran listrik untuk generator sistem pendingin reaktor Nomor 1 dan 2 telah tersambung, dan saat ini TEPCO tengah mengupayakan agar generator segera berfungsi.

Sebelumnya dilaporkan, pompa air sistem pendinginan untuk reaktor Nomor 5 dan 6 telah berhasil dijalankan dengan generator diesel.

Sekretaris Kabinet Perdana Menteri Jepang, Yukio Edano, dalam konferensi pers Minggu sore pukul 16.30 menyatakan bahwa kondisi tekanan dalam reaktor terus dimonitor.

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

Menjawab pertanyaan tentang telah terkontaminasinya air, Edano menjelaskan bahwa laporan awal menunjukkan unsur iodine radioaktif telah terdeteksi dalam 'tap water' (air keran) di Tokyo, Saitama, Chiba, Yamanashi, Gunma, dan Tochigi, namun tidak pada level yang membahayakan kesehatan manusia.

Penceramah di Bantul, Untung Cahyono

Alasan Untung Cahyono Ungkit Pemilu Curang di Khutbah Id: Jamaah Pulang Mungkin Kebelet Pipis

Untung Cahyono telah menyampaikan permohonan maaf atas khutbah Idul Fitri yang menyinggung isu pemilu curang hingga ditinggal jamaah, yang kemudian viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024