Tsunami Jepang, Sepeda Laris Manis

Sepeda motor listrik Zero X
Sumber :
  • wired.com

VIVAnews - Gempa dahsyat berkekuatan 9 SR yang disertai tsunami membuat kota paling sibuk, Tokyo, melambat. Sebagian besar pekerja di kota metropolitan itu kebingungan karena transportasi mati pasca-gempa.

Kereta api adalah salah satu transportasi andalan para pekerja Tokyo untuk pulang-pergi mengingat banyak dari mereka yang tinggal jauh dari tempat bekerja. Matinya alat transportasi ini membuat pekerja Jepang melirik alat transportasi lain, sepeda, ketimbang harus jalan kaki berjam-jam.

Rantai supermarket Aeon Co di cabang Shinagawa menjual 89 sepeda kurang dari tiga jam beberapa jam setelah gempa 9 SR terjadi. Biasanya, toko ini menjual 200 unit dalam sepekan. Sepeda paling mahal dan bertenaga listrik pun laku terjual seperti kacang goreng.

"Biasanya, sepeda yang berbaris di depan toko kami. Tapi, ini pelanggan yang berbaris," kata perwakilan toko, Izumi Tsuchiya seperti dikutip japantimes.co.jp.

Pembeli mulai berdatangan sekitar 5.30 sore waktu setempat dan mengantre di depan toko, Jumat lalu. Toko ini berhasil menjual semua sepeda miliknya hanya dalam hitungan jam. Dan banyak pembeli yang harus pulang dengan tangan kosong.

"Beberapa pembeli terpaksa jalan kaki untuk pulang ke arah Kasukabe (di Prefektur Saitama), Kamakura dan Chigasaki (di Prefektur Kanagawa)," sambungnya. Chigasaki itu sekitar 60 kilometer selatan Tokyo, butuh 15 jam untuk berjalan kaki.

Mereka yang tak punya pilihan. Terpaksa berjalan kaki pulang atau memilih terjebak di kemacetan luar biasa setelah gempa, sambil melirik iri pada pengendara sepeda.

Olympic Corp. cabang Aoyama, rantai supermarket lainnya di Minato Ward, mengaku menjual lebih dari 100 sepeda dengan nilai 3 juta yen.

"Kebanyakan pembeli membeli sepeda seharga 20-30 ribu yen. Tapi, kami juga menjual tiga atau empat sepeda listrik yang berharga 100 ribu yen," kata petugas toko, Tatsuya Kawamura.

Padahal di hari biasa, toko ini hanya mampu menjual rata-rata lima unit saja di hari kerja.

Maenami Cycle, sebuah toko kecil di Shinjuku Ward, juga 'menikmati' lonjakan penjualan seiring depresi warga yang ingin segera pulang ke rumah.  "Kalau orang itu tinggal tak jauh dari sini, saya copy saya KTP dan meminjamkan sepeda itu," kata petugas toko Satoru Maenami. (adi)

4 Tim Lolos 8 Besar Piala Asia U-23, Indonesia Siap Nyusul?
Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Baru-baru ini, beredar video viral menunjukkan peristiwa kecelakaan pengendara motor menabrak mobil BMW Seri 5 yang sedang ingin menyeberang dari sisi kanan jalan ke arah

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024