VIDEO: Gempa Mematikan Guncang Christchurch

Kota Christchurch, Selandia Baru, usai gempa bumi 22 Februari 2011
Sumber :
  • AP Photo/TVNZ via Associated Press Television News

VIVAnews --  Selasa 22 Februari 2011 pukul 13.00 saat warga sedang Christchurch, Selandia Baru bersiap melanjutkan rutinitas usai jam istirahat, tiba-tiba lindu dengan kekuatan 6,5 skala Richter mengguncang.

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

Akibatnya mengerikan; bangunan-bangunan rubuh, puing-puingnya jatuh menimpa kendaraan dan orang-orang yang panik. Listrik dan saluran telepon mati, pipa air meledak dan airnya membanjiri jalanan. Christchurch dinyatakan dalam kondisi darurat. Walikota Bob Parker meminta penduduk menjauhi pusat kota yang porak-poranda.

Beberapa waktu kemudian, diketahui, gempa yang terjadi makan korban jiwa. Perdana Menteri Selandia Baru, John Key mengungkapkan setidaknya 65 orang tewas dalam bencana ini. Namun, itu baru data awal, dikhawatirkan masih ada korban yang tertimbun reruntuhan.

Perdana Menteri Key memperkirakan, korban jiwa berjatuhan karena musibah terjadi saat warga sedang beraktivitas. "Ini terjadi di jam sibuk. Banyak orang pergi bekerja dan anak-anak bersekolah."

Sementara, stasiun berita BBC melaporkan, gempa kali ini menimbulkan korban dan kerugian yang lebih besar dari yang terjadi di kota yang sama pada September 2010. Saat itu, Christchurch dilanda gempa berkekuatan 7,1 SR.

Lihat video gempa Christchurch di sini.

Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) inaugurated several post-disaster tsunami revitalization projects in 2018 during his working visit to Central Sulawesi Province.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024