Gempa Bumi, Christchurch Berstatus Darurat

Kota Christchurch, Selandia Baru, usai gempa bumi 22 Februari 2011
Sumber :
  • AP Photo/TVNZ via Associated Press Television News

VIVAnews - Gempa bumi menggoyang Kota Christchurch, Selasa 22 Februari 2011. Kendati jumlah korban jiwa belum dipastikan, kota terbesar kedua di Selandia Baru itu kini berstatus darurat.

Menurut kantor berita Associated Press, gempa itu berkekuatan 6,3 pada Skala Richter (SR) hingga meruntuhkan sejumlah bangunan. Tidak sedikit kendaraan tertimpa reruntuhan gedung. Gempa terjadi pada siang hari saat banyak warga bersiap melanjutkan rutinitas usai jam istirahat.

Tim penyelamat masih berjuang menyelamatkan para warga yang terjebak dalam reruntuhan bangunan. Perdana Menteri Selandia Baru, John Key, menyatakan bahwa pihak berwenang belum bisa memastikan berapa banyak korban akibat gempa itu.

Namun, Walikota Bob Parker sudah menyatakan Christchurch dalam keadaan darurat. Dia meminta penduduk untuk menjauhi pusat kota, yang tengah porak-poranda.

Parker tengah berada di tingkat atas gedung Balai Kota saat gempa menggetar Christchurch sekitar pukul 13 waktu setempat (Selasa pagi WIB). Dia pun mengaku terombang-ambing di tengah gempa. 

Bandara Christchurch sudah ditutup dan rumah sakit telah menjadi tempat evakuasi korban jiwa. Saluran listrik dan saluran telepon mati, dan pipa air meledak hingga membanjiri jalanan. Beberapa mobil di jalan terlihat tertimbun puing-puing reruntuhan bangunan. (adi)

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Laporan: Hironimus Ronito

Kronologi Pengeroyokan 4 Pria di Depan Polres Jakpus yang Dipicu Pemukulan Terhadap Anggota TNI
OIKN saat diskusi pengembangan ekosistem start up

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Pembentukan ekosistem startup dan UMKM sangat penting dalam mencapai target Indonesia Emas 2045

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024