16 Februari 1959

Castro Jadi Penguasa Kuba

Fidel Castro Pemimpin Legendaris Kuba
Sumber :
  • britannica.com

VIVAnews – Pada 52 tahun yang lalu, pemimpin revolusi Kuba, Fidel Castro, diangkat menjadi perdana menteri (PM) menggantikan Jose Miro Cordoba. Jabatan itu menjadi awal Castro untuk memimpin Kuba selama 49 tahun hingga dia pensiun sebagai presiden pada Februari 2008

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

Menurut stasiun berita BBC, Cordoba mengundurkan diri pada 14 Februari 1959 setelah menjabat PM selama hampir satu setengah bulan. Pengunduran diri Cordoba dilakukan untuk mencegah perpecahan dalam pemerintahan baru Kuba.

Castro adalah pemimpin “Angkatan Bersenjata 26 Juli” yang berhasil menggulingkan rezim Batista pada 1 Januari 1959. Sehari setelah Batista lari ke luar negeri, Castro diangkat menjadi panglima angkatan bersenjata Kuba.

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Saat disumpah menjadi perdana menteri, Castro masih mengenakan seragam kebesarannya, yakni baju dan topi tentara berwarna hijau, serta jenggot lebat yang menjadi ciri khasnya selama ini.

Fidel Castro menjabat perdana menteri Kuba selama lima bulan. Pada 18 Juli 1959, ia mengajukan pengunduran diri namun ditolak oleh kabinet Kuba. Sebaliknya, kabinet malah meminta Castro menjadi presiden menggantikan Manuel Urrutia, Presiden Kuba saat itu, yang dipaksa mengundurkan diri

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas
Dok

Rumah Dekat Asrama Brimob di Slipi Dilahap Si Jago Merah, 17 Mobil Pemadam Dikerahkan

Sebanyak 17 unit pemadam kebakaran dan 85 personel dikerahkan untuk memadamkan kobaran api.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024