Clinton Minta RI Bantu Pulihkan Haiti

Seorang pria Haiti terpana melihat Ibukota Port-au-Prince pasca gempa
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Mantan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton, meminta Indonesia untuk ikut membantu Haiti, yang masih belum pulih dari bencana gempa bumi tahun lalu. Pasalnya, Indonesia dipandang sukses melakukan rekonstruksi dan rehabilitasi pasca bencana tsunami di Aceh 2004.

Permintaan itu disampaikan Clinton kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat mereka menghadiri pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos, Swiss, pada Kamis 26 Januari 2011.

Menurut Clinton, kesuksesan Indonesia akan menyumbangkan bantuan yang besar dalam rekonstruksi dan rehabilitasi Haiti. “Harapan ini disampaikannya karena Indonesia diakui berhasil dalam rekonstruksi dan rehabilitasi Aceh pasca tsunami,” kata staf Khusus Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah, seperti yang dilansir laman Presidensby.info.

Permintaan serupa juga dilontarkan Clinton kepada para hadirin di Davos. Menurut laman resmi WEF, Clinton mengungkapkan bahwa rakyat Haiti masih kekurangan bahan makanan pokok. Tim kemanusiaan di Haiti pun masih memiliki kendala dalam menyalurkan bantuan karena kekurangan kendaraan.

“Masih terdapat kekurangan makanan dan air minum yang serius di beberapa daerah. Kalaupun kita mempunyai makanan dan air minum, pengiriman hanya bisa dilakukan ke 15 tempat karena kekurangan transportasi,” ujar Clinton, seraya mengatakan terdapat 100 tempat yang kekurangan makanan.

“Apabila ada yang tahu dimana saya bisa mendapatkan truk atau kendaraan yang lebih besar lagi. Saya perlu 100 buah besok” tambah Clinton lagi.

Walaupun banyak mengalami kekurangan di Haiti, namun Clinton yakin perekonomian Haiti dapat berkembang lebih kuat daripada sebelumnya. Dia mencontohkan perekonomian Rwanda yang dapat pulih setelah perang saudara.

“Empat tahun setelah genosida 1998 pendapatan perkapita Rwanda mencapai US$268. Sepuluh tahun kemudian mencapai US$1.100. jangan bilang Haiti tidakbisa seperti ini,” ujar Clinton.

Menurut kantor berita Associated Press, gempa bumi di Haiti berkekuatan 7 pada Skala Richter terjadi pada 12 Januari 2010. Gempa ini menewaskan 220.000 orang dan membuat 1,8 juta orang lainnya kehilangan tempat tinggal. Lokasi pasca gempa ini adalah yang terburuk yang pernah ditangani PBB.

Alasan Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23
Prabowo-Gibran pantau quick count di Istora Senayan, Jakarta,  Rabu (14/02/24)

KPU Sebut Tak Ada Lagi Lembaga Peradilan Bisa Batalkan Kemenangan Prabowo

KPU akan menetapkan pasangan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024