Wikileaks Akan Bocorkan Rahasia Lewat Koran

Server Wikileaks.
Sumber :
  • www.bahnhof.se

VIVAnews - Pendiri Wikileaks, Julian Assange, berjanji akan mempublikasikan sejumlah dokumen rahasia yang baru yang berisi tentang komunikasi Kedutaan Amerika Serikat di sejumlah negara dalam waktu dekat ini.

Seperti dikuti dari lama AP, Julian Assange mengungkapkan janjinya itu saat berada di luar Pengadilan yang dijaga ketat keamanan Belmarsh Magitrated, Inggris, sesudah  dia dan pengacara menghadiri sidang ekstradisi ke Swedia.

"Dokumen akan terbit melalui mitra koran kami di seluruh dunia -. koran besar dan kecil dan beberapa organisasi hak asasi manusia" ujarnya.

Cara ini dipilih, lanjutnya, lantaran Wikileaks kesulitan menghadapi serangan di dunia maya. Beberapa penyedia layanan internet memblokir situs ini.

Assange, dalang pembongkaran ratusan ribu dokumen Kedutaan Besar AS di seluruh dunia itu, menghadapi tuntutan ekstradisi dari pemerintah Swedia atas tuduhan perkosaan dan pelecehan seksual terhadap dua wanita di negara itu.

Lelaki 39 tahun ini membantah tuduhan dan membayar jaminan sebesar US$ 370 ribu atas penahanannya di penjara Inggris.

WikiLeaks menjadi heboh pada tahun 2010, setelah rajin  membocorkan puluhan ribu dokumen rahasia milik Amerika Serikat mengenai perang di Afganistan dan berbagai komunikasi kedutaan Amerika di berbagai negara.

Jelang Lebaran, Irish Bella Ajarkan Anak Cara Bedakan Nominal Uang THR
Otto Hasibuan, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Otto Hasibuan Klaim Pemilu 2024 Paling Damai, Bukan Paling Buruk

Wakil Ketua Tim Pembela Hukum Prabowo-Gibran, Otto Hasibuan menegaskan bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 merupakan yang paling damai dan baik bukan pemilu paling buruk.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024