DUNIA

China Bangun Jembatan Terpanjang di Dunia

China memang gemar membangun jembatan panjang. 7 jembatan terpanjang dunia ada di China.

ddd
Senin, 10 Januari 2011, 04:32 Pipiet Tri Noorastuti
Jembatan Qingdao Haiwan
Jembatan Qingdao Haiwan (telegraph)

VIVAnews - Pemerintah China meresmikan megaproyek Jembatan Qingdao Haiwan sepanjang 26,4 mil. Jembatan ini 3 mil lebih panjang dibandingkan pemegang rekor jembatan melintasi air terpanjang di dunia Louisiana, Amerika.

Seperti dikutip dari laman Telegraph, jembatan yang melintas di atas Selat Inggris ini menghubungkan pusat kota pelabuhan Qingdao di Provinsi Shandong, China Timur, dengan kawasan pinggiran Huangdao.

Dengan anggaran sekitar £5,5 miliar, proyek garapan sejumlah insinyur di China ini selesai dalam empat tahun. Saat diresmikan akhir tahun lalu, jembatan ini diproyeksikan dapat menampung lalu lintas sekitar 30 ribu mobil setiap hari. Jembatan ini juga menghemat waktu tempuh antardua kawasan hingga 30 menit.

Lebih 10 ribu pekerja terlibat dalam megaproyek yang membutuhkan 2,3 juta meter kubik beton dan 450 ribu ton baja, jumlah cukup untuk membangun 65 menara Eiffel. Para pejabat berwenang mengatakan, jembatan ini kuat menahan gempa 8 SR, topan, dan hantaman, kapal 300 ribu ton.

Terlepas dari kehebatannya menjadi terpanjang di dunia itu, megaproyek itu menuai kontroversi. Ada yang mendukung sebagai perbaikan sarana transportasi. Namun, tak sedikit yang mengecamnya.

Mereka yang mengecam melihat kebutuhan masyarakat akan jembatan itu tak terlalu signifikan dan mendesak. "Uang miliaran melayang hanya demi menghemat waktu tempuh 20 menit saja. Ini hanya buang-buang uang pembayar pajak," kata warga dari Provinsi Jilin, di timur laut China.

China memang gemar membangun jembatan panjang. Tujuh dari 10 jembatan terpanjang di dunia ada di negara ini, termasuk jembatan sepanjang 102 mil yang melintasi daratan dan perairan antara Danyang dan Kunshan.

Pada akhir 2006, China juga membangun jembatan sepanjang 31 mil yang menghubungkan jantung industri manufaktur di Zhuhail, Provinsi Guangdong Selatan, dengan pusat ekonomi Hong Kong. Proyek senilai £6,5 miliar ini ditargetkan selesai pada 2016.

Baca juga: Lima Pernikahan Selebriti Termewah



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
Donny
26/01/2011
Friends, Dunia Itu Semua... Mereka hanya belum menyadarinya saja... Di akhirat tak ada catatan sejarah China pernah bangun jembatan terpanjang....
Balas   • Laporkan
alf1no
21/01/2011
Cina Membangun Jembatan antar pulau dengan waktu yang singkat sedangkan Indonesia dengan 1 jembatan aja perlu waktu 25 thun..itupun kalo jadi....
Balas   • Laporkan
dysoek
20/01/2011
cina punnya jembatan terpanjang, indonesia punya proses hukum yang panjaaaaaaaaaaaaaaaaang.. ujung - ujungnya....
Balas   • Laporkan
abey
12/01/2011
china duitnya banyak gan, gak kaya indonesia, negara miskin...duitnya habis sama si gayus tuh...coba perintahin colektor untuk nagih ke gayus...xixixi
Balas   • Laporkan
yobbi
12/01/2011
benar disampaikan bahwa "tuntutlah ilmu sampai negeri Cina", bukan Indonesia.
Balas   • Laporkan
yobbi
12/01/2011
benar disampaikan bahwa "tuntutlah ilmu sampai negeri Cina", bukan Indonesia.
Balas   • Laporkan
yobbi
12/01/2011
benar dulu disampaikan bahwa tuntutlah ilmu sampai negeri Cina, bukan Indonesia.
Balas   • Laporkan
Iwan S
11/01/2011
Kalian bisanya pada iri saja...pantesin Indonesia tidak maju2. Yang benar, coba berguru dan belajar dahulu dari komunis yg satu ini...setelah itu baru unjuk gigi....Ilmu tidak ada, mau Komentar dan unjuk Gigi apa ?
Balas   • Laporkan
Mr Ngablack
11/01/2011
lhoo kok ada komentar sinis.. atas keberhasilan Cina ya? pasti ini orang yg bermental males2an berpikir & kerja keras..hooiii bangun..bangun.. negara tetangga maju..elooh tetep aja jadi loser
Balas   • Laporkan
angel
11/01/2011
keren bgt ya china!!!jd pedoman yg bgs th buat pmrnth indonesia!!
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com