DUNIA

Misil Baru China Bikin Amerika Ketar-ketir

Misil ini bisa menenggelamkan kapal induk dari jarak 1.500 kilometer.

ddd
Rabu, 29 Desember 2010, 23:30 Arfi Bambani Amri, Denny Armandhanu
Kapal induk USS George Washington milik Amerika Serikat
Kapal induk USS George Washington milik Amerika Serikat (AP Photo)

VIVAnews - Militer China menguji misil baru yang disebut-sebut dapat menenggelamkan kapal induk Amerika Serikat pada Selasa, 28 Desember 2010. China juga siap meluncurkan kapal induk pengangkut pesawat tempur pertamanya ke lautan lepas.

Misil yang dinamakan Dong Feng (Angin Timur) 21D memiliki daya hancur sangat besar dengan ketepatan sasaran yang sangat akurat. Misil yang baru ini disebut sebagai komponen kunci untuk mencegah pesawat dan kapal AS untuk memasuki perairan China.

Misil ini didukung oleh berlapis-lapis sistem pertahanan udara, perangkat angkatan laut seperti kapal selam dan sistem misil balistik yang diperbarui, yang semuanya terhubung pada jaringan satelit.

Kelebihan lainnya, Dong Feng 12D yang dijuluki “pembunuh kapal induk”  dapat diluncurkan dari darat dengan tingkat akurasi tinggi dan menembus pertahanan kapal induk paling canggih sekalipun dari jarak lebih dari 1.500 kilometer. Hal ini tentunya akan menjadi ancaman serius bagi kapal induk AS yang ingin campur tangan dalam konflik Taiwan maupun Korea Utara.

Pesawat AS yang paling terancam adalah kapal induk pengangkut pesawat jet USS Abraham Lincoln dari Armada Pasifik. Total kapal di armada ini adalah 200 kapal, 2000 pesawat tempur, dan 250.000 awak yang berjaga di perairan Pasifik.

Panglima Angkatan Laut AS, Admiral Robert Willard seperti dilansir dari laman Daily Mail, Rabu, 29 Desember 2010, mengatakan bahwa misil China ini adalah pengembangan dari teknologi sebelumnya. Dia juga mengatakan bahwa dengan diluncurkannya perangkat dan persenjataan militer baru ini, membuktikan bahwa China ingin melebarkan pengaruhnya ke lautan daripada sekedar di tepian.

“China ingin menjadi kekuatan militer global. Jelas kami melihat peningkatan dalam kemampuan mereka,” ujar Willard.

Menanggapi kekhawatiran AS mengenai misil baru ini, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Jiang Yu, mengatakan bahwa kemajuan militer China tidak dimaksudkan untuk mengancam negara manapun. “Bisa saya bilang bahwa China tengah menggalang kebijakan pertahanan nasional. Kami bukanlah ancaman bagi negara lain. Kami akan selalu menjadi kekuatan dalam menjaga perdamaian dan stabilitas regional,” ujar Jiang.

China mulai mengembangkan misil Dong Feng 21 pada tahun 1960-an, dan mulai diujikan pada tahun 1991. Misil yang terbaru ini diyakini dipersenjatai dengan 300kt hulu ledak nuklir dan akan menjadi misil pertama dan satu-satunya untuk kategori anti-kapal induk. Ke depannya, Dong Feng 21 juga akan dikembangkan untuk menyerang satelit di luar angkasa. (hs)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
EIIS
13/02/2011
Buat China, hati2 dgn Tehnologi anda karena Amerika pastiberusaha mencari kelemahan dr yang anda punyai, agar mrk ttp sbg diakui sbg Negara ADIKUASA
Balas   • Laporkan
andariesta
20/01/2011
berantas dulu korupsi di Indonesia.. Baru bangun negri ini termasuk kekuatan pertahanan negaranya. China bisa jadi ancaman dan intimidasi juga ke Indonesia. atau sebaliknya Maka bangunlah kekuatan dengan hasil bangsa sendiri.
Balas   • Laporkan
kapan ya indonesia ..???
Balas   • Laporkan
dulxemprit
20/01/2011
Perang Dunia Ketiga akan segera terjadi.
Balas   • Laporkan
zong feng
30/12/2010
mantap. indonesia hrsnya kerjasama dg china dan rusia. bila ngak ingin wilayah NKRI hbs di gerogotin negara2 di sekitarnya.
Balas   • Laporkan
Yusak
30/12/2010
Ciahhhh China produksi HP aja HP katro...mau kalahkan kapal induk....ohhhh mengkhayal kaleeee nich...
Balas   • Laporkan
seungkeuni
30/12/2010
selamat atas china dunia biar imbang dan us tak akan sombong dimuka bumi
Balas   • Laporkan
IndonesianArmy
30/12/2010
ngeri... US gk bisa cari gara2 dgn china
Balas   • Laporkan
muly909
30/12/2010
tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina....ternyata benar....!! terbukti china negara yg sangat berpengaruh di kawasan asia bahkan dunia..
Balas   • Laporkan
abudabi
30/12/2010
china dilawan
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com