Tolak Nobel, China Blokir Akses CNN & BBC

Liu Xiaobo
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pemerintah China memblokir akses ke stasiun televisi CNN dan BBC. Pemblokiran ini mulai dilakukan sehari menjelang penyerahan penghargaan Nobel Perdamaian di Norwegia, Jumat 10 Desember 2010, kepada seorang pembangkang asal China, Liu Xiaobo.

"CNN.com dan CNN International termasuk salah satu laman dan jaringan televisi yang telah diblokir di China," demikian pernyataan CNN, Kamis 9 Desember 2010.

Selain itu, harian Telegraph melaporkan bahwa stasiun berita asal Inggris, BBC, juga mengalami pemblokiran akses di China. Dengan demikian, baik pemirsa televisi maupun pengguna internet tidak bisa menonton stasiun televisi internasional tersebut di Tiongkok.

Pemblokiran ini diduga terkait dengan rencana penayangan langsung pemberian Nobel Perdamaian 2010 kepada Liu di Oslo, Norwegia. Liu sendiri tidak bisa hadir karena dia tengah mendekam di penjara China.

Perjuangan Liu dalam menegakkan HAM itu justru mendapat penghargaan tinggi dari Komite Nobel. Sebaliknya, China marah atas keputusan Komite Nobel memberikan penghargaan kepada Liu, yang dianggap sebagai pembangkang.

Liu tengah mendekam di penjara karena menyusun dan menyebarkan dokumen bernama "Piagam 08." Dokumen itu menyerukan reformasi politik secara menyeluruh di China, termasuk adanya kebebasan berkumpul, berekspresi, dan memeluk agama.

Aksi sastrawan dan mantan profesor berusia 54 tahun itu membuat dia diganjar hukuman penjara oleh pemerintah China selama sebelas tahun. Hukuman itu dijalani Liu sejak Desember 2009 dengan dakwaan melakukan subversi. (umi)

Rupiah Loyo Dibayangi Penurunan Surplus Neraca Dagang RI
Akhirnya Kate Middleton muncul di depan publik, ini foto terbarunya

Akhirnya Kate Middleton Muncul di Depan Publik, Ini Foto Terbarunya

Setelah beberapa waktu absen dari sorotan publik, Kate Middleton, Putri Wales Kerajaan Inggris, akhirnya muncul setelah dinanti-nantikan. Ini foto terbaru sang putri.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024