8 Desember 1980

John Lennon Dibunuh

John Lennon (kanan) dan Yoko Ono, 18 April 1972
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pada 30 tahun silam, mantan personil band legendaris The Beatles yang menjadi aktivis anti perang, John Lennon, tewas ditembak. Dia ditembak dari jarak dekat di luar apartemennya di kota New York, Amerika Serikat (AS). 

Stasiun televisi BBC mengungkapkan, sesaat sebelum ditembak, Lennon dan isterinya, Yoko Ono, baru saja pulang dari studio. Menurut polisi, Lennon ditembak empat kali dari belakang oleh Mark Chapman. Kehidupan Lennon pasca bubarnya The Beatles terbilang kontroversial. Ia aktif di bidang politik dan kemanusiaan.

Tindak-tanduk Lennon tersebut tidak disenangi pemerintah Amerika, terutama karena kritikannya yang keras dan sikapnya yang menolak Perang Vietnam.

Saat hadir di persidangan, Chapman mengaku bersalah atas pembunuhan Lennon. Ia dijatuhi hukuman seumur hidup dan menjalani hukumannya di penjara Attica, tidak jauh dari kota New York.

Menurut pengakuan Chapman, ia mendengar sebuah suara gaib yang menyuruhnya membunuh Lennon. John meninggalkan dua orang anak, Sean dan Julian - anak dari pernikahan pertama dengan Cynthia.

Dua puluh tahun setelah kematiannya, jutaan fans Lennon mengunjungi kediamannya di Liverpool dan New York. Bersama Ono, mereka meluncurkan kampanye anti kekerasan bersenjata untuk merayakan hari kematian Lennon.

Sisterhood Modest Bazaar, Berburu Baju Lebaran Hingga Menu Berbuka
Kepala BNPT Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel

Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme

Guru Besar Fakultas Psikologi UI Prof. Dr. Mirra Noor Milla, sepakat bahwa perempuan, anak-anak, dan remaja rentan terpapar radikalisme, seperti paparan BNPT

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024