Palestina Bantu Israel Padamkan Kebakaran

Kebakaran hutan di Israel bagian utara
Sumber :
  • AP Photo/Dan Balilty

VIVAnews - Israel menerima bantuan dari sejumlah negara saat kesulitan mengatasi kebakaran hutan yang terburuk di negara itu dan telah merenggut puluhan jiwa sejak Kamis, 2 Desember 2010. Menariknya, bantuan juga datang dari Palestina, yang selama ini menjadi bulan-bulanan serangan dan intimidasi Israel.

Bantuan itu diungkapkan seorang pejabat keamanan Palestina, Ahmed Rizek Abu Rabia, seperti dikutip laman YNet News, 3 Desember 2010. Menurut Rizek, Palestina mengerahkan sejumlah truk pemadam untuk membantu mengatasi si jago merah di Taibe dan Barta'a. Itu merupakan dua desa Arab di kawasan Galilea, Israel.

Tim pemadam berhasil memadamkan api di dan sekitar Barta'a. Namun tim pemadam Palestina terus beroperasi di wilayah itu. "Ini merupakan bencana kemanusiaan," kata Rizek. "Pihak Palestina menawarkan segala daya untuk membantu lewat saluran resmi."

Selain Palestina, sejumlah negara yang selama ini berseteru dengan Israel turut mengerahkan bantuan. Mereka adalah Yordania, Mesir, dan Turki. Sejumlah negara Barat juga langsung mengirim bantuan darurat.

4 Kebiasaan Unik Suku Dayak, Dari Telingaan Aruu hingga Panggil Arwah Leluhur

Menurut kantor berita Associated Press, kebakaran hutan itu hingga kini dipandang sebagai yang terburuk dalam sejarah Israel. Api dengan cepat menghanguskan banyak pohon di hutan Carmel, yang terletak di kawasan Galilea, dan kini dikabarkan mendekati kota pelabuhan Haifa. "Ini merupakan bencana yang tidak diduga-duga," kata Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. (kd)

Gedung Bank Indonesia (BI).

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan

 Bank Indonesia (BI) mengungkapkan, hasil stress test BI menunjukkan bahwa ketahanan perbankan dan korporasi saat ini.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024