4 Desember 1991

5 Tahun Disekap, Jurnalis AS Bebas

Terry Anderson Sandera AS di Lebanon
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pada 19 tahun yang lalu, seorang warga AS bernama Terry Anderson, dibebaskan setelah disandera suatu kelompok bersenjata selama lima tahun di Lebanon. Terry adalah seorang jurnalis yang memimpin kantor biro Associated Press di Beirut. Dia diculik pada 16 Maret 1985.

Selama dekade 1980-an, 92 warga Amerika dan Eropa di Lebanon diculik kelompok bersenjata. Sebagian dari mereka kemudian dibebaskan dengan bantuan Iran.

Sebagai imbalannya, Amerika memasok senjata kepada Iran selama Perang Irak-Iran. Terry Anderson dibebaskan hanya selang sebulan sejak dibebaskannya Terry Waite, utusan khusus Uskup Agung Canterburry, yang menjadi negosiator pembebasan sejumlah sandera. 

Setelah bebas, Terry Anderson kembali ke Amerika Serikat. Ia menulis sebuah buku dan mengajar jurnalistik selama beberapa tahun. Terry  kemudian menggugat pemerintah Iran dan pada 2002 pengadilan memberinya paket kompensasi jutaan dollar yang diambil dari aset Iran yang dibekukan.

Sebagian uang tersebut kemudian digunakannya untuk mendirikan organisasi Dana Anak Vietnam yang bertujuan membangun sekolah di Vietnam.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya
Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sumail Abdullah, dinilai menjadi salah satu nama yang berpotensi maju di Pilkada Kabupaten Banyuwangi dalam Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024