Gara-gara Harry Potter, Burung Hantu Terancam

Film Harry Potter
Sumber :
  • facebook

VIVAnews - "Harry Potter" merupakan tokoh fiksi yang digandrungi anak-anak di penjuru dunia. Namun, seorang menteri di India dibuat pusing oleh demam Harry Potter. Pasalnya, popularitas bocah penyihir dalam serial novel laris karangan J.K Rowling itu membuat populasi burung hantu di India jadi terancam.

Apa hubungannya Harry Potter dengan burung hantu? Menurut Menteri Lingkungan Hidup Jairam Ramesh, kini makin banyak keluarga di India yang memelihara burung hantu. Binatang itu termasuk salah satu karakter yang selalu muncul di setiap seri novel Harry Potter, yang semua filmnya juga laris manis di mancanegara.

Bernama Hedwig, burung hantu itu dikenal sebagai pengantar surat untuk si penyihir. Ingin seperti Harry, anak-anak di India akhirnya meminta orang tua mereka agar mendapatkan burung hantu. 

"Ini bahkan sudah melanda keluarga kelas menengah," kata Ramesh, Rabu 3 November 2010, seperti yang dikutip laman harian Chosun Ilbo. Konsekuensinya, burung-burung hantu liar menjadi target favorit untuk ditangkap agar bisa dikoleksi atau dijual ke peminat.

Selain Ramesh, suatu kelompok konservasi alam, Traffic, turut resah. Kelompok itu menyatakan bahwa burung hantu liar pada dasarnya tidak mudah dijadikan sebagai peliharaan. Hewan itu butuh ruang yang sangat luas untuk terbang. Mereka pun biasa berburu untuk mencari makan.

Traffic juga mengungkapkan bahwa ribuan ekor burung hantu di India diperdagangan setiap tahun, biasanya untuk ritual ilmu hitam. India sebenarnya sudah melarang perburuan dan perdagangan burung hantu sejak 1972, namun larangan itu sulit diberlakukan. (umi)

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Baca juga: Boneka Seks 'Obama' Beredar di China

Duel Real Madrid vs Barcelona

Prediksi LaLiga: Real Madrid vs Barcelona

Duel Real Madrid vs Barcelona dalam lanjutan LaLiga matchday ke 32 di Stadion Santiago Bernabeu, Senin 22 April 2024. pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024