2 November 1986

Sandera Amerika di Lebanon Dibebaskan

Terry Anderson Sandera AS di Lebanon
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Tepat 24 tahun yang lalu, seorang warga Amerika Serikat (AS) yang ditahan di Beirut dibebaskan oleh penyanderanya. David Jacobsen dilepas di bagian barat kota Beirut setelah ditawan selama 17 bulan. David diculik pada bulan Mei 1985 saat tengah berjalan menuju tempat kerjanya di rumah sakit American University, Beirut. 

Stasiun televisi BBC mengungkapkan bahwa pembebasan David tidak lepas dari peran utusan khusus Uskup Agung Canterburry, Terry Waite. Selama beberapa bulan, Terry aktif bernegosiasi dengan sejumlah kelompok penyandera untuk membebaskan sandera Barat di Timur Tengah. Sebelumnya, Terry juga berhasil membebaskan beberapa sandera di Iran, Libya, dan Beirut sendiri. 

Tidak lama setelah pembebasan David, baru terungkap jika Pemerintah AS secara diam-diam “membayar” pembebasan sandera. Selama beberapa tahun, AS memasok senjata ke Iran agar negara tersebut membantu pembebasan sandera AS.

David Da Silva Hattrick, Persib Bandung Benamkan Persebaya Surabaya

Kasus ini kemudian dikenal sebagai “Iran-Contra Gate,” karena uang penjualan senjata digunakan untuk mendanai pemberontak Contra di Nikaragua. Terry Waite sendiri diculik pada 1987 dan baru dibebaskan pada November 1991. Sebulan kemudian, sandera terakhir Amerika, Terry Anderson, dibebaskan setelah disandera tujuh tahun.

Konser TVXQ di Jakarta

Bikin Kagum, TVXQ Ucapkan Selamat Lebaran Bagi Penggemarnya di Indonesia

TVXQ ucapkan selamat lebaran bagi penggemarnya di Indonesia. Teriakan penggemar terdengar histeris

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024