Australia Siapkan Bantuan Darurat ke RI

Tsunami Mentawai
Sumber :
  • FOTO ANTARA/Iggoy el Fitra

VIVAnews - Australia menyiapkan bantuan darurat hingga Aus$ 1 juta untuk membantu Indonesia setelah dilanda dua bencana alam yang baru terjadi. Pemerintah Negeri Kanguru itu juga prihatin atas hilangnya banyak nyawa dan kerusakan akibat tsunami dan gempa bumi di Mentawai serta letusan di Gunung Merapi.

“Australia selalu ingin membantu Indonesia pada saat dibutuhkan. Kami bekerja sama dengan mitra-mitra kami di Indonesia untuk dengan cepat dan tepat menanggapi bencana-bencana ini,” ujar Kuasa Usaha Kedutaan Besar (Kedubes) Australia di Jakarta, Paul Robilliard, Kamis 28 Oktober 2010.

Menurut Kedubes Australia, paket bantuan awal terdiri dari pendanaan untuk program SurdAid berupa kegiatan penilaian, bantuan dan pemulihan di Kepulauan Mentawai.

Australia juga menjalin kerjasama dengan organisasi masyarakat Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah untuk membantu masyarakat sekitar Gunung Merapi pulih kembali. Kerjasama juga digalang dengan Palang Merah Indonesia untuk bantuan kemanusiaan di Kepulauan Mentawai dan daerah seputar Gunung Merapi.

Pada 25 Oktober 2010 terjadi gempa berkekuatan 7,2SR di Kepulauan Mentawai dan diikuti oleh tsunami. Pada hari berikutnya, Gunung Merapi di dekat Yogyakarta meletus. Bencana ini menyebabkan banyak korban tewas dan terluka.

Bareskrim Bongkar Sindikat BBM Pertamax Palsu, Manajer hingga Pengelola SPBU jadi Tersangka
Yusril Ihza Mahendra, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Yusril Sindir Mahfud soal Narasi dan Petitum Gugatan Sengketa Pilpres Tak Sejalan

Ketua Kuasa Hukum Prabowo-Gibran, Yusril Ihza Mahendra menyindir pernyataan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD terkait upaya mengajukan gugatan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024