Diserbu Asap dari Indonesia, Singapura Kecewa

Seorang pekerja memandang gedung-gedung pencakar langit di Singapura
Sumber :
  • AP Photo/Wong Maye-E

VIVAnews - Seorang pejabat Singapura kecewa dengan kurang optimalnya Indonesia dalam mengatasi kebakaran hutan maupun lahan. Akibatnya, Singapura lagi-lagi mendapat kiriman kabut asap kebakaran dari Indonesia sehingga mengganggu aktivitas sekaligus merusak kualitas udara di negara-kota itu.

Pernyataan tersebut dilontarkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Sumber Air Singapura, Yacoob Ibrahim. Selain Singapura, sebagian wilayah di Malaysia juga menerima "impor asap" dari Indonesia.

“Kami kecewa dengan apa yang terjadi. Ini bukan pertama kalinya kami memberitahu pihak Indonesia untuk menaruh perhatian terhadap titik api di Sumatera dan Kalimantan,” ujar Ibrahim seperti dilansir dari laman stasiun televisi Channel News Asia, Rabu 20 Oktober 2010.

Ibrahim mengatakan bahwa pihaknya telah berulang kali meminta pemerintah Indonesia untuk mengatasi dan memastikan kebakaran hutan tidak terjadi lagi.

“Namun ini sudah terjadi. Pekan lalu pada pertemuan Kesepakatan Penanganan Asap ASEAN di Brunei, telah kami ingatkan lagi bahwa kita harus tetap waspada walaupun tahun ini seharusnya cuaca lebih basah dari biasanya,” lanjut Ibrahim.

Dia juga mengaku telah menghubungi pihak Indonesia untuk mengatakan bahwa Singapura siap membantu pemadaman kebakaran hutan di Sumatera.

Indeks Standar Polusi atau Pollutant Standards Index (PSI) menembus angka 80 Rabu kemarin. Ini rekaman terburuk sejak 2006 di Singapura. Agen Lingkungan Nasional Singapura (NEA) mengatakan bahwa asap kemungkinan masih akan bertahan di Singapura selama tiga hari lagi.

NEA mengatakan bahwa pada Selasa menurut pemantauan satelit terdapat 202 titik api di Sumatera. Titik api ini kebanyakan disebabkan oleh petani dan perusahaan perkebunan yang ingin membuka lahan dengan melakukan pembakaran. Angka ini berkurang menjadi 146 pada pemantauan satelit hari Rabu.

NEA menjelaskan bahwa penurunan jumlah titik api ini bukan berarti berkurangnya jumlah asap. NEA mengatakan bahwa titik asap bawah tanah dan titik asap yang tidak terdeteksi satelit karena terhalang awan masih banyak. Angin yang bertiup dari barat laut ke arah baratlah yang menyebabkan asap terbawa sampai ke Singapura.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu
Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024