DUNIA

Swiss Gali Terowongan Terpanjang Dunia

Panjangnya sekitar 57 km, menelan biaya $10 miliar.

ddd
Sabtu, 16 Oktober 2010, 08:24 Ismoko Widjaya
Gotthard Base Tunnel di Swiss
Gotthard Base Tunnel di Swiss (AP Photo/Christian Hartmann, Pool)

VIVAnews - Para pekerja galian terowongan di Sedrun, Swiss, bersorak riang sembari menyalakan kembang api. Mereka merayakan sukses pengeboran terakhir Gotthard Base Tunnel, proyek pembangunan terowongan terpanjang di dunia. Kegembiraan itu terjadi pada Jumat 15 Oktober lalu, saat mata bor raksasa berhasil menembus lapisan terakhir.

Panjang terowongan ini sekitar 57 kilometer. Menelan biaya sekitar US$10 miliar atau sekitar Rp90 triliun, Gotthard Base Tunnel akan menghubungkan jaringan kereta api berkecepatan tinggi di Eropa dan menurut rencana akan mulai beroperasi pada 2017 mendatang.

"Terowongan ini adalah masa depan. Resiko kami tanggung bersama," kata Menteri Transportasi Swiss, Moritz Swiss Leuenberger.

Stasiun-stasiun televisi di Eropa menayangkan secara langsung peristiwa ini. Tak main-main, megaproyek ini dibangun melalui persetujuan rakyat Swiss melalui referendum 20 tahun lalu.

Pengerjaannya melibatkan sekitar 2.500 pekerja. Dieter Meyer, seorang warga Jerman, mengaku kagum atas terobosan ambisius ini. Swiss adalah sebuah negara kecil yang berpenduduk kurang dari 8 juta orang.

Konsep konstruksi Gotthard Base Tunnel disusun pertama kali pada tahun 1947 oleh insinyur Eduard Gruner. Salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan Swiss pada negara-negara tetangganya, khususnya di sektor kereta api berkecepatan tinggi lintas Eropa. Terowongan ini diyakini akan membalikkan kondisi itu. (Associated Press) 



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
rakyat
16/10/2010
kereeeen Brooo,,, !!!!
Balas   • Laporkan
aris
16/10/2010
Klu d Ind paling pinter "gali" APBN biar bocor
Balas   • Laporkan
bagong
16/10/2010
Kita mega proyeknya benerin dulu angkutan umum di jakarta... ga usah terlalu jauh mikirnya... kalo masih ada metromini sama bis2 yang asepnya ngebuul kayak pabrik... ga akan maju transportasi kita... basmi ajah tuh...
Balas   • Laporkan
Om Sammy
16/10/2010
Mental bangsa kita belon sampe kesono. Wong Halte aja , jembatan Suramadu, rel kreta, transmisi listrik TT dipreteli, buang sampah seenaknya, gimana mau bikin sistim angkutan yg bagus?????
Balas   • Laporkan
fatim
16/10/2010
HIKSSSS...hikssss PENGEN LIAt
Balas   • Laporkan
Ijonk
16/10/2010
Akankah Indonesia bisa seperti mereka. Kapan?
Balas   • Laporkan
soplo | 16/10/2010 | Laporkan
Indonesia gak perlu bikin terowongan, bikin jalan tol biasa aja lebih ekonomis
maykel
16/10/2010
keren abizzz
Balas   • Laporkan
bram
16/10/2010
indonesia pakai kereta api biasa aj kecelakaan, jgnkan nanti monorail apalagi kereta api cepat dg mega project seperti ini...tahun 2100 pun blom tentu :)
Balas   • Laporkan
soplo | 16/10/2010 | Laporkan
Teknologi berkembang cepat bram, begitu pula safety nya. jangan pesimis
Ramlan
16/10/2010
Wonderfulllllllllllll.........Amazing.....
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com