200 Ribu Orang Tewas Akibat Tsunami Asia

VIVAnews - Pada 26 Desember 2004, sebuah gelombang tsunami raksasa menyapu sebagian pantai Asia menewaskan lebih dari 200.000 orang. Sekitar 177.000 di antaranya adalah warga Aceh, Indonesia, yang berjarak paling dekat dengan pusat gempa.

Fenomenal, 8 Fakta Menarik Buku Habis Gelap Terbitlah Terang

Gempa berkekuatan 9 magnitude yang memicu tsunami dahsyat tersebut terjadi di bawah laut di sebelah barat Aceh, Indonesia. Gempa yang terjadi pukul 07.59 WIB tersebut menciptakan tsunami terbesar dalam 40 tahun terakhir.

Menurut Jan Egeland, Koordinator Bantuan Darurat PBB, tsunami yang melanda Asia merupakan bencana alam paling masif dalam beberapa abad terakhir.

Coba-coba Bikin Mobil Listrik, Xiaomi Dibuat Kaget

Secara keseluruhan, tsunami menewaskan lebih dari 200.000 orang di 13 negara. Hampir semua negara yang terletak di Samudera Hindia terkena dampak Tsunami.

Efek Tsunami bahkan terasa hingga ke Yaman dan Somalia. Enam bulan setelah bencana, negara-negara di seluruh dunia menggalang dana besar-besaran untuk membantu korban Tsunami.

Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan

Tidak kurang dari US$ 12 miliar berhasil dikumpulkan untuk membantu rekonstruksi pasca tsunami. Sebagian besar dana tersebut diberikan kepada Indonesia yang menjadi korban terparah tsunami.

Ilustrasi balap liar.

Balap Liar Maut di Bekasi, Pemotor Cewek Tewas Tertabrak

Viral di media sosial, aksi balap liar di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, atau tepatnya di depan Stadion Patriot Candrabhaga.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024