8 September 1943

Italia Menyerah Kepada Pasukan Sekutu

Adolf Hitler (kanan) saat berkendara bersama Benito Mussolini.
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pada 67 tahun yang lalu, Italia menyerah kepada pasukan Sekutu. Penyerahan diri itu diumumkan oleh Panglima Tertinggi Pasukan Sekutu, Jenderal Dwight D Eisenhower dari Amerika Serikat (AS).

Laman stasiun televisi BBC mengungkapkan bahwa kesepakatan penyerahan diri itu ditandatangani secara diam-diam lima hari sebelumnya oleh Pietro Badoglio, panglima militer merangkap perdana menteri Italia sejak jatuhnya rezim diktator Benito Mussolini pada bulan Juli.

Dalam siaran di radio Algiers pukul 17.30 waktu setempat, Jenderal Eisenhower mengatakan, "Semua warga Italia yang saat ini berupaya untuk membantu mengusir Jerman dari tanah Italia, akan mendapat bantuan dan dukungan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa."

Kemudian, dalam pesan pribadi kepada rakyat Italia, Panglima Tinggi Badoglio membenarkan penyerahan diri itu dan mengisyaratkan pada rakyat Italia untuk berbalik melawan mantan sekutu mereka, Jerman.

Di bawah paham Fasis dari diktator Benito Mussolini, Italia berkoalisi dengan Nazi-Jerman pimpinan  Adolf Hitler pada 1936. Dua kekuatan itu membentuk Poros Axis, yang menyulut Perang Dunia II di Eropa 1939-1945.

Namun, kekalahan militer Axis di Balkan dan Afrika Utara menghancurkan kepercayaan rakyat Italia terhadap Mussolini. Dia lalu dijungkalkan pada Juli 1943 oleh sekelompok tokoh senior militer dan politisi, dengan persetujuan Raja. Bersama pacarnya, Mussolini kemudian dieksekusi mati.



Sopir Bus yang Ajak Makan 30 Penumpang di Rumah Mertuanya saat Lebaran dapat Rp100 Juta
Ilustrasi/Korban pembunuhan

Ada Luka di Dada hingga Leher pada Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari

Luka di leher waniita tersebut kemungkinan besar lantaran cekikan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024