Kartunis Amerika Lecehkan Bendera Meksiko

Bendera Meksiko yang dilecehkan
Sumber :

VIVAnews - Sebuah kartun yang dibuat oleh kartunis Amerika telah memancing amarah warga Meksiko. Kartun tersebut dinilai telah melecehkan dan menghina bendera Meksiko yang merupakan simbol negara.

Kartun yang memicu kontroversi itu dibuat oleh kartunis editorial dari kantor berita MSNBC, Daryl Cagle. Kartun tersebut bergambar bendera Meksiko, hijau, putih dan merah, yang membedakan adalah gambar elang yang terletak di tengahnya.

Cagle menggambarkan elang tersebut tersungkur mati dengan genangan darah di bawahnya. Ular yang seharusnya ada di paruh elang juga terlihat tergeletak, sementara kaktus di gambar tersebut terlihat tercabut dari akarnya.

Pada gambar juga terdapat deretan lubang tembakan peluru. Menurut Cagle, kartun tersebut adalah gambaran kekerasan yang terjadi saat ini di Meksiko.

“Para editorial kartun mencari metafora yang mudah dikenali, dan yang satu ini jelas menunjukkan Meksiko,” ujarnya lelaki 54 tahun ini seperti dikutip dari laman CNN.

Kartun ini pertama kali ditayangkan di laman MSNBC dan langsung menempati halaman pertama koran-koran di Meksiko. Hal ini menuai kecaman dari masyarakat Meksiko yang merasa simbol nasionalnya telah dilecehkan, apalagi oleh kartunis asing.

“Sangat memalukan simbol patriotisme seperti bendera kita, yang menurut saya sangat indah, dihina oleh seorang kartunis bodoh. Saya kira masih banyak cara lain untuk menunjukkan protes dengan gambar mengenai apa yang terjadi di negara kita,” ujar seorang pembaca di koran El Universal, di Mexico City.

Kedutaan besar Meksiko di Amerika juga telah melayangkan nota protes terkait pemuatan kartun tersebut. Juru bicara kedutaan, Ricardo Alday, mengatakan bahwa pemerintah Meksiko pada dasarnya menghargai kebebasan berekspresi.

“Sebagai negara demokratis, Meksiko menghargai dan melindungi kebebasan berbicara dan berekspresi, dalam cara apapun. Namun, lain halnya dengan kartun yang dibuat oleh Cagle, kami menentang penggunaan bendera Meksiko untuk menyampaikan pesannya,” ujarnya.

Cagle, mengaku terkejut dengan reaksi masyarakat Meksiko atas kartun yang dibuatnya. Protes demi protes berdatangan melalui email dan komentar di blognya.

“Yang satu ini tidak seperti biasanya, berita mengenai kartun ini menyebar di seluruh media Meksiko dan saya sering mendengar mengenai hal ini. Tujuan saya hanya ingin membuat pernyataan bahwa kekerasan di Meksiko sangat buruk dan saya ingin membuatnya menarik secara visual,” ujarnya.

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) inaugurated several post-disaster tsunami revitalization projects in 2018 during his working visit to Central Sulawesi Province.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024