Buka Kamus Terbaru, Temukan Kata 'Vuvuzela'!

Vuvuzela
Sumber :
  • wordpress.com

VIVAnews - Selain Paul 'Si Gurita Peramal', Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan tak lepas dari fenomena vuvuzela -- terompet plastik khas Afrika yang mengeluarkan suara memekakan telinga.

Meski banyak yang tak suka vuvuzela, terompet yang bisa bikin budek telinga itu diakui sebagai kosakata dunia.

Bahkan, kata 'vuvuzela' diakui secara resmi sebagai kosakata baru dalam Bahasa Inggris.

Vuvuzela masuk dalam edisi terbaru kamus, Oxford Dictionary of English -- yang disusun berdasarkan bahasa faktual, yang benar-benar digunakan.

Meski bersuara monoton dan menuai kritik baik dari pemain maupun penonton, kata 'vuvuzela' mendapat penghargaan karena terpilih sebagai kata yang terkait dengan Piala Duni dalam survey yang diikuti ahli bahasa global.

'Vuvuzela' dipilih oleh 75 persen dari 320 ahli bahasa dari 60 negara -- yang diminta memilih kata yang memiliki dampak terdahsyat dalam turnamen bola sejagad itu.

Vuvuzela adalah satu dari 2.000 kata baru yang masuk dalam edisi ketiga kamis -- yang terbit kali pertamanya pada 1998.

Selain itu, pertempuran dunia melawan perubahan iklim menyumbangkan kata baru, 'carbon capture and storage' [menangkap dan menyimpan karbon] -- proses untuk menangkap dan menyimpan karbon dioksida (CO2) yang dihasilkan bahan bakar fosil.

Krisis ekonomi juga memperkenalkan istilah baru yakni, 'toxic debt' [utang beracun] -- yakni utang yang memiliki risiko bermasalah.

(News.com.au)

Peringatan Hari Otonomi Daerah Nasional, Jaya Negara Menerima Dua Penghargaan
Dok. Istimewa

Gelar Konsolidasi, Megawati Minta Kader PDIP Disiplin, Jujur dan Turun ke Rakyat

Megawati Soekarnoputri menyampaikan sejumlah kualifikasi sikap serta tindakan yang harus diperkuat oleh para kader partai, khususnya yang akan maju di pilkada serentak.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024