19 Agustus 2003

Bom Bunuh Diri Hancurkan Kantor PBB di Irak

Lokasi ledakan bom di Baghdad, Irak, Agustus 2003
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Tujuh tahun yang lalu, ledakan bom dahsyat menghancurkan bangunan kantor perwakilan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di Baghdad, Irak.

Drama Adu Penalti, Ini 5 Fakta Real Madrid Pulangkan Manchester City di Liga Champions

Laman stasiun televisi BBC mengungkapkan bahwa insiden itu menewaskan 23 orang. Di antara mereka yang tewas adalah kepala perwakilan PBB di Irak, Sergio Vieira de Mello.

Saat bom meledak, ratusan orang saat itu masih bekerja dan kegiatan di kantor PBB kian sibuk terutama sejak dimulainya suatu konfrensi pers. Ledakan bom itu merubuhkan bangunan kantor bertingkat tiga.

Alice Yacoub, seorang staf PBB, mengaku tengah duduk di kantin saat ledakan terjadi. "Kepala kami tertimpa reruntuhan bangunan. Saya tidak menemukan kolega-kolega saya sehingga membuat saya khawatir akan keselamatan mereka," lanjut Yacoub. 

Menurut militer AS, ledakan itu diakibatkan oleh bom yang dipasang dalam truk. Kemungkinan insiden itu adalah bom bunuh diri, namun tak terungkap siapa yang bertanggungjawab atas serangan itu.

Setelah serangan bom itu, semua 50 staf asing PBB dievakuasi dari Baghdad.

Komandan tim TKN Golf Haris Rusli Moti (tengah)

TKN Sebut Puluhan Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Akan Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae

TKN Golf dari Prabowo-Gibran mengajak para pendukung dan pemilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming untuk menjadi amicus curiae atau sahabat pengadilan secara massal.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024