3 Agustus 1957

Tunku Abdul Rahman, Pemimpin Malaysia Pertama

Tunku Abdul Rahman
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pada 53 tahun yang lalu, Tunku Abdul Rahman dipercaya memimpin Malaysia selama lima tahun. Dia juga dikenal sebagai pemimpin pertama yang membawa Malaysia menjadi negara merdeka.

Laman stasiun televisi BBC mengungkapkan bahwa penunjukkan Rahman berkat pemilihan yang dilakukan para sultan seantero kerajaan Malaya di Kuala Lumpur. Dia pun dipersiapkan untuk mewakili Malaysia menerima penyerahan kedaulatan dari penjajah Inggris pada 31 Agustus 1957. Pada hari itu pula ditetapkan sebagai hari kemerdekaan Malaysia.

Rahman merupakan saudara dari Sultan Kedah. Dia lulusan Universitas Cambridge pada 1925 dan kembali ke Inggris untuk menekuni studi hukum usai Perang Dunia II.

Usai membawa Malaysia merdeka, Rahman melakukan sejumlah reformasi yang membagi kekuasan para sultan yang telah memerintah di wilayah masing-masing secara turun-temurun selama ratusan tahun.

Pada 1970, Rahman memutuskan pensiun dari panggung kekuasaan, atau setahun setelah memberlakukan keadaan darurat menyusul kerusuhan etnis terbesar di Malaysia, yang menewaskan sekitar 2.000 orang.

Ada Konflik di Timur Tengah, Bos BI Pede Ekonomi RI Tetap Kuat
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah

Menaker Ida Menuturkan Transformasi BLK Tingkatkan Kualitas Pelatihan Vokasi

Salah satu program terpenting dalam memperbaiki ekosistem ketenagakerjaan secara keseluruhan adalah dengan melakukan transformasi Balai Latihan Kerja (BLK).

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024