AS dan Rusia Akan Bergabung Dalam EAS

Menlu Marty Natalegawa dan Menlu Kamboja sahkan perjanjian bebas visa
Sumber :
  • VIVAnews/Dokumentasi KBRI Phnom Penh

VIVAnews - Negara-negara ASEAN sepakat mengundang Amerika Serikat (AS) dan Rusia untuk bergabung dalam forum East Asia Summit (EAS).

Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia

EAS merupakan forum sepuluh negara ASEAN, plus negara-negara mitra yang berdiskusi membahas berbagai isu, mulai dari keamanan, perdagangan hingga lingkungan.

Di sela-sela pertemuan tingkat menteri luar negeri ASEAN di Hanoi, Vietnam, Selasa, 20 Juli 2010, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengatakan bahwa ASEAN telah memutuskan untuk mempererat kemitraan dengan Washington dan Moskow dengan menambah jumlah anggota EAS.

Para delegasi mengatakan, keikutsertaan Rusia dan AS juga membantu mengimbangi dominasi kekuatan kawasan, China. "Kami sepakat bahwa modalitas penting untuk integrasi atau keterlibatan Federasi Rusia dan AS di kawasan adalah melalui ekspansi EAS," kata Menlu Marty Natalegawa seperti dikutip dari laman Straits Times.

Selain sepuluh negara ASEAN, EAS juga beranggotakan Australia, China, India, Jepang, Selandia Baru, dan Korea Selatan. Para pemimpin negara-negara EAS bertemu tiap tahun, bertepatan dengan konferensi tahunan ASEAN. Tahun depan, forum EAS akan digelar di Indonesia. (umi)

Edy Rahmayadi.(B.S.Putra/VIVA)

Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan

Gubernur Sumut periode 2018-2023, Edy Rahmayadi diwakili tim pemenangan mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon Gubernur Sumut 2024, di Kantor DPD PDIP Sumut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024