Amerika Tangkap Dua "Teroris" di Bandara

Sejumlah wartawan TV di luar rumah Mohamed Alessa
Sumber :
  • AP

VIVAnews - Dua orang yang diduga ingin membunuh pasukan Amerika Serikat ditahan di bandara New York. Keduanya ditangkap sebelum naik pesawat dalam perjalanan menuju Somalia untuk bergabung dengan kelompok jihad di sana.

Pihak berwenang AS menyebutkan kedua orang tersebut adalah Mohamed Mahmood Alessa, 20 dan Carlos Eduardo Almonthe, 26. Keduanya ditangkap pada Sabtu, 6 Juni 2010, di bandara John F Kennedy sebelum melakukan penerbangan ke Mesir, selanjutnya ke Somalia.

Selama penyelidikan, seorang petugas NYPD yang menyamar mencatat percakapan mereka yang membicarakan soal jihad melawan Amerika.

"Saya akan pergi, mungkin tak pernah kembali," ujar pejabat berwenang mengutip Alessa tahun lalu. "Saya mungkin akan kembali jika pemimpin memerintahkan saya kembali ke sini dan melakukan sesuatu ini, Ah aku suka itu."

Penyidik mengaku khawatir setelah mereka mencapai tujuan asing, mereka kemungkinan akan menjadikan target domestik seperti peristiwa sebelumnya. "Kami sangat khawatir, jika mereka tak terdeteksi dan akan menyerang di dalam negeri," kata Komisaris Polisi, Raymond Kelly.

Alessa dan Almonte, keduanya warga negara Amerika akan menghadapi tuduhan bersekongkol untuk membunuh, melukai dan menculik orang di luar Amerika dengan cara bergabung dengan al-Shabab, sebuah kelompok militan yang berbasis di Somalia dan diklaim berhubungan dengan al-Qaida. Bahkan, AS menuding al-Shahab sebagai kelompok teroris pada 2008. (associated press)

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients
Prabowo Subianto

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Menteri Pertahanan juga pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto akan mengunjungi Beijing China, pada 31 Maret-2 April 2024. Prabowo dijadwalkan bertemu Presiden Xi Jinping

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024