27 Mei 1964

Jawaharlal Nehru Wafat

Jawaharlal Nehru (kiri) dan Mahatma Gandhi
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pada 46 tahun yang lalu, India terpaksa melepas seorang pelopor kemerdekaan sekaligus perdana menteri pertama bagi mereka, Jawaharlal Nehru. Dia wafat di usia 74 tahun.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

Laman stasiun televisi BBC mengungkapkan bahwa Nehru tiba-tiba menderita sakit pada pagi hari di rumahnya yang terletak di New Delhi.

Saat itu dia baru saja berlibur dari suatu perbukitan di luar kota. Sahabat karib Bapak Perjuangan Mahatma Gandhi itu meninggal akibat serangan jantung. Tim dokter spesialis berjuang memulihkan kondisi Nehru, namun dia menghembuskan nafas terakhir pada sore hari. Saat itu, dia ditemani oleh putrinya, Indira Gandhi.    

Berita duka langsung disampaikan menteri kabinet C. Subramaniam dalam rapat parlemen. "Perdana Menteri telah tiada. Cahaya telah padam," kata Subramaniam terbata-bata.

Dua jam setelah pengumuman duka, puluhan ribu warga berkumpul di sekitar rumah mendiang Nehru, yang berjasa memerdekakan India dari penjajahan Inggris.

Nehru menghasilkan keturunan hebat yang meneruskan prestasinya sebagai pemimpin. Putrinya, Indira, dan cucunya, Rajiv, tampil menjadi perdana menteri India di masa yang berbeda. Namun, tak seperti Nehru, kedua pemimpin itu tewas dibunuh.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Polda Metro Jaya menegaskan bakal memberikan pengamanan pada seluruh gereja yang ada di wilayah Jadetabek saat Tri Hari Suci Paskah yang dimulai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024