25 Mei 1979

American Airlines Jatuh, 273 Orang Tewas

American Airlines 191 terbang dalam keadaan tak normal sebelum jatuh
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pada 31 tahun yang lalu, 258 penumpang dan 13 awak pesawat American Airlines tewas saat pesawat yang mereka tumpangi jatuh. Kecelakaan itu terjadi di dekat bandar udara internasional O'Hare, Chicago, Amerika Serikat (AS).

Laman AirDisaster.com mengungkapkan bahwa pesawat naas DC-10 buatan McDonnell Douglas itu baru saja lepas landas menuju ke Los Angeles. Kecelakaan itu juga menewaskan dua orang di darat, sehingga jumlah korban tewas secara keseluruhan berjumlah 273 orang.

Itu merupakan kecelakaan pesawat terburuk yang dialami industri penerbangan di AS karena merenggut nyawa paling banyak dalam satu kasus. Menurut para saksi, kecelakaan bermula saat mesin di sayap kiri lepas ketika pesawat American Airlines dengan nomor penerbangan 191 melakukan manuver.

Sebut MK Bisa Anulir Hasil Pilpres 2024, Guru Besar IPDN Beberkan Alasannya

Kapten Walter Lux, yang telah berpengalaman 22.000 jam menerbangkan DC-10 sejak delapan tahun lalu, tak kuasa menjaga keseimbangan pesawat yang akhirnya terbang miring sebelum menghantam bumi.

Insiden DC-10 tidak hanya terjadi di AS, namun juga menimpa pesawat Western Airlines di Mexico City dan Turkish Airlines di dekat Paris. Maka, Badan Keselamatan Transportasi Udara (FAA) memerintahkan penghentian operasi semua pesawat DC-10 untuk sementara waktu.

Penyebab kecelakaan-kecelakaan itu diantaranya desain pesawat yang tidak sesuai standar maupun kualitas pemeliharaan pesawat yang rendah. 

Istri Dicopet hingga Barang Berharga Raib, Daniel Mananta Pilih Maafkan Pelaku
Test drive Suzuki Jimny 5 pintu

Suzuki Jimny 5 Pintu Mulai Dikirim ke Konsumen

PT Suzuki Indomobil Sales menepati janjinya, untuk menghadirkan Jimny 5-door kepada para pecinta otomotif Indonesia. Sejak diluncurkan pada bulan Februari 2024, SIS telah

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024