DUNIA

Betulkah Segitiga Bermuda Rumah Dajjal?

Segitiga Bermuda adalah wilayah di dalam garis imajiner yang menghubungkan tiga wilayah.

ddd
Kamis, 29 April 2010, 11:12 Elin Yunita Kristanti
Segitiga Bermuda
Segitiga Bermuda (NASA)

VIVAnews - Banyak tempat yang misterius di muka Bumi, namun Segitiga Bermuda  atau sering disebut 'Segitiga Setan' -- wilayah lautan di Samudera Atlantik -- dianggap yang paling angker. Dan kisah keangkeran tempat itu menyebar ke seantero jagat.

Kisah itu menyebar lewat buku, iklan produk telekomunikasi hingga film layar lebar. Banyak yang belum tahu di mana sesungguhnya letak wilayah misterius itu.

Segitiga Bermuda  itu sesungguhnya adalah wilayah di dalam garis  imajiner yang menghubungkan  tiga wilayah yaitu  Bermuda, Puerto Riko, dan Miami di Amerika Serikat.

Orang-orang yang menetap di Bermuda, sudah sekuat tenaga melawan rupa-rupa kisah horor itu. Sebab daerah yang hidup dari parawisata ini bisa dijauh pelancong gara-gara kisah serem itu.

Seorang kakek 80 tahun asal Bermuda, William Gillies baru saja mengeluarkan buku berjudul 'Reefs, Wrecks & Relics — Bermuda Underwater Heritage' atau 'Karang, Bangkai Kapal, dan Relik -  Warisan Alam Bawah Laut Bermuda'.

Dalam bukunya, Gillies menceritakan pengalamannya menyelami Lautan Bermuda. Seperti dimuat The Royal Gazette, Rabu 28 April 2010, meski tak mungkin lagi turun ke air, tapi ingatannya tentang masa mudanya sebagai pencari harta di bangkai kapal, belum pupus.

"Dengan menyelam, saya mengetahui kekayaan laut Bermuda," kata dia.

Salah satu dari memori awalnya tentang laut Bermuda adalah peristiwa tenggelamnya sebuah kapal mewah Spanyol, Cristobal Colon di wilayah Karang Utara, 25 Oktober 1936. Saat kapal itu tenggelam, Gillies masih berusia enam tahun.   

Gillies memulai penyelamannya pada 1965, saat dia berusia 35 tahun. Penemuan sebuah bel dari kapal tua yang tenggelam memicu gairahnya untuk menyelam dan mencari sisa-sisa harta yang karam di dasar laut.

Objek-objek menarik di pasir dan sekitar bangkai kapal sering dia temukan. Misalnya potongan lampu tua berbahan bakar minyak ikan paus.

Kadang dia dan pendamping selamnya menemukan pecahan atau potongan tembikar atau porselen.

Beberapa potongan itu dia rekonstruksi menggunakan fiberglass dan getah damar. Beberapa karya restorasi Gillies kini dipajang di Bermuda Underwater Eksplorasi Institute (BUEI).

Beberapa benda diakui Gillies misterius. Misalnya, dia menemukan pipa karatan yang tersimpan di peti kayu di sebuah kapal layar yang hancur dan tenggelam di awal tahun 1900-an.

Ada lagi benda berbentuk sekelompok kristan berbentuk cincin kecil. "Ini mungkin digunakan seorang wanita untuk menghias gaunnya," kata dia.

***

Pengalaman Gillies jauh dari kesan horor Segitiga Bermuda. Itu juga yang dirasakan masyarakat setempat.

The Royal Gazette pada tahun 1992 pernah memuat berita kemarahan penduduk Bermuda pada sebuah iklan telepon genggam yang sesumbar, dengan produknya, orang tetap bisa berkomunikasi, meski 'tersesat di Segitiga Bermuda'.

"Ini akan membunuh pariwisata Bermuda. Kita harus menuntut orang ini," kata pengusaha pariwisata, RJ Zuill, saat itu.

Orang-orang yang melihat iklan itu mengatakan pada istrinya, mereka tak akan pernah pergi ke Bermuda karena momok Segitiga Bermuda itu.

 "Ini sangat konyol. Kapal dan pesawat melewati wilayah kita setiap hari dan tak ada apapun yang terjadi," kata dia.


***
Ilustrasi Segitiga Bermuda

Misteri Segitiga Bermuda kali pertama dipopulerkan tahun 1960-an, termasuk oleh buku "Segitiga Bermuda'' yang dikarang Mr Charles Berlitz. Kepercayaan adanya kekuatan jahat di wilayah ini menyebar ke seluruh dunia.

Keyakinan ini dipicu banyaknya kapal dan pesawat yang hilang secara misterius di Segitiga Bermuda. Yang pertama diketahui adalah tenggelamnya kapal HMS Rosalie pada 1840, hingga hilangnya Kapal Freighter Genesis setelah berlayar dari Port of Spain menuju St Vincent pada 1999.

Yang paling terkenal adalah hilangnya Penerbangan 19, yang terdiri lima pesawat pembom milik angkatan laut Amerika Serikat.

Pesawat-pesawat ini terakhir terlihat di Fort Lauderdale, Florida pada tanggal 5 Desember 1945.  Lalu menghilang, setelah melaporkan mereka melihat hal aneh dan tak masuk akal.

Tak hanya awak dan badan pesawat yang  raib, regu penyelamat yang bertugas mencari mereka tak ditemukan.

Banyak versi soal Segitiga Bermuda, ada yang mengatakan di lautan itu mengandung gas methan yang menyebabkan kapal dan pesawat lenyap tersedot di bawah laut.

Ada yang mengatakan daerah Segitiga Bermuda memiliki medan gravitasi, yang menyebabkan alat navigasi tak bisa bekerja. Juga berkembang teori, bahwa kapal dan pesawat itu diculik oleh UFO karena melintas di pangkalannya.

Ada pula yang menghubung-hubungkan Segitiga Bermuda dengan kota Atlantis yang Hilang karena ditemukan piramida di dasar laut Segitiga Bermuda. Juga ada yang menyebut bahwa segitiga itu adalah lorong waktu.

Selain itu, lokasi Segitiga Bermuda sebagai pusat bertemunya antara arus air dingin dari Amerika Utara dengan arus air panas dari Afrika -- di Samudera Atlantik diyakini sebagai istana setan.

Juga ada yang percaya Dajjal -- iblis yang akan memunculkan diri di hari kiamat -- saat ini berdiam di Segitiga Bermuda itu sampai menjelang akhir zaman.

Betulkah dugaan-dugaan ini? Wallahualam.

Berita Favorit Lainnya:

Video Penemuan Perahu Nabi Nuh

Pamela Anderson Tiba-tiba Bugil

Tahan Puasa Selama 70 Tahun

Ada Kehidupan di Planet Mars

Penuturan Sutradara Film Gigolo Kuta

Gaya Ciuman Sesuai Zodiak

Sungai Es Ditemukan di Asteroid

Menghina Perempuan Tua Perdana Menteri Inggris Minta Maaf

MacBook Pro Terbaru, Bisa Buat Rebus Air

Ditemani Wanita Seksi

PKS Tanya Keseriusan Polri Soal Misbakhun

 

 

 



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
dewe ajah
28/07/2011
bagus.. membuka cakrawala...
Balas   • Laporkan
ayahakbar
26/07/2011
sy pernah nontoin filmnya, tp mpe slesai ga ad jwbn apa segitiga bermuda yg misterius. wallahu a'lam hanya allah yg tahu.
Balas   • Laporkan
rekso_yudho
04/12/2010
Air laut gak usah ditambahpun gak mungkinlah mau nulis pake air laut. Barangkali kalau ilmuwan percaya sama yang kayak gini, pasti mereka udah putus asa gak mau lakukan penelitian2.
Balas   • Laporkan
rekso_yudho
04/12/2010
Ah, itu berlebihan. Dajjal gak punya rumah kok. Masa iya punya rumah di dalam air ya gak mungkin to. Mikirnya yang enteng2 ajalah.
Balas   • Laporkan
emmil
27/08/2010
aq pernah terbaang ke sana aq melihat ufo lalu pesawat aq putar balik menuju miami saat itu aq mau pergi ke bermuda
Balas   • Laporkan
anggun
16/06/2010
nd asyik achhh........ perutku lapar
Balas   • Laporkan
JOHAN
24/05/2010
walaupun air laut yang ada dibumi ditambah 3x takkan habis untuk menulisnya ALLAH maha besar terlalu kecil manusia itu baginya
Balas   • Laporkan
wildan
11/05/2010
wallohua'lam.... mau gk percya mitos itu bsa terjadi..
Balas   • Laporkan
mama yasmine
07/05/2010
subhanallah...wallahualam...
Balas   • Laporkan
mama yasmine
07/05/2010
subhanallah...wallahualam...
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com