Foto Tempat Lahir Bintang Bidikan Hubble

Foto bidikan teleskop Hubble
Sumber :
  • NASA

VIVAnews - Teleskop Hubble pekan ini merayakan 20 tahun peluncurannya ke luar angkasa. Para ilmuwan Hubble merayakan tonggak sejarah teleskop legendaris ini dengan meluncurkan sebuah foto baru yang menakjubkan, pilar debu nebula yang berbentuk seperti gunung.

Foto menakjubkan itu adalah bagian kecil Nebula Carina -- satu dari tempat lahir bintang terbesar di galaksi kita.

Hubble memotret bagian atas pilar gas dan debu berusia tiga tahun cahaya yang dimakan oleh bintang terang di sekitarnya.

Juga terlihat pilar tersebut didorong terpisah dari dalam, seolah-olah bayi bintang terkubur di dalam pancaran gas.

Foto itu mengingatkan kita pada karya klasik Hubble, 'Pilar Penciptaan' yang diambil pada tahun 1995. Namun, foto bidikan Hubble saat ini lebih terang.

Teleskop luar angkasa Hubble diluncurkan pada 24 April 1990, oleh pesawat ulang-alik ruang Discovery selama misi STS-31.

Temuan Hubble dan gambar-gambar yang dihasilkan merevolusi penelitian astronomi, dari ilmu planet hingga kosmologi. 

"Tak diragukan, Hubble adalah proyek paling dikenal dan paling sukses sepanjang sejarah," kata staf Direktorat Misi Sains di Markas NASA di Washington,  Ed Weiler, seperti dimuat laman Space.com, 23 April 2010.

Misi perawatan Hubble Mei 2009 lalu membuat teleskop ini bekerja maksimal dan berkontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan. Hubble menjadi 100 kali lebih kuat dari dua dekade yang lalu ketika pertama kali diluncurkan.

Saat ini, Hubble telah mengamati lebih dari 30.000 target luar Bumi dan mengumpulkan lebih dari setengah juta gambar. (jno)

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Foto Carina Nebula bidikan Hubble

Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Gedung Konser Moskow (Doc: X)

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Amerika Serikat (AS) disebut toleh Rusia elah mengambil tindakan terburu-buru dengan menyalahkan kelompok teror ISIS, atas teror di Moskow.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024