Penyakit Musiman Mewabah, 40 Anak Meninggal

Seorang anak di China terbaring lemah ditunggui ibunya
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Sedikitnya 40 anak di China bulan lalu meninggal dunia setelah menderita penyakit tangan, kaki, dan mulut. Wabah mematikan itu membuat seorang pejabat tinggi China menyerukan agar penelitian vaksin dan obat untuk penyakit tersebut dipercepat.

Kementrian Kesehatan China mengungkapkan bahwa Maret lalu terdapat 77.756 kasus penyakit tangan, kaki, dan mulut. Jumlah kematian bulan lalu pun empat kali lipat lebih banyak dari bulan Februari, yang hanya 10 anak.

"Mencegah dan mengendalikan penyakit menular seperti penyakit tangan-kaki-mulut merupakan tugas yang utama," kata Wakil Perdana Menteri Li Keqiang, seperti yang dikutip kantor berita Xinhua, Sabtu 10 April 2010.

Penyakit itu sepertinya rutin menimpa China di setiap musim semi dan musim panas. Penyakit itu sering menjangkiti wilayah pedesaan, yang memiliki tingkat higenitas yang rendah. Menurut data Kementrian Kesehatan, penyakit itu pada tahun lalu menewaskan 353 jiwa.

Maka, Li menyerukan lebih gencar lagi penelitian untuk membuat vaksin dan obat dalam mengatasi wabah penyakit tangan, kaki, dan mulut. Wabah saat ini terjadi di Kawasan Otonomi Guangxi, Guandong, Henan, Heibei, dan Shandong.

Saat ini belum ada vaksin atau perawatan yang spesifik untuk mengobati penyakit tangan, kaki, dan mulut. Para penderita, yang rata-rata adalah anak-anak, biasanya langsung sembuh begitu saja.

Penderita penyakit itu mengalami demam yang disertai luka pada mulut dan terdapat ruam serta kulit melepuh. Virus itu menyebar melalui kontak langsung dengan hidung, dan cairan yang dikeluarkan dari penderita.

Penyakit itu tidak ada hubungannya dengan penyakit kaki dan mulut yang menimpa hewan ternak. (Associated Press)

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi
Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024