Sumatra Gempa, Thailand Waspada Tsunami

VIVAnews - Gempa berkekuatan sekitar 7,8 pada Skala Richter yang mengguncang bagian utara Sumatra dini hari tadi membuat negara tetangga, Thailand, mengeluarkan peringatan tsunami. Sejauh ini belum dilaporkan adanya korban jiwa.

Lembaga Survei Geologi AS (USGS), seperti yang dipantau stasiun televisi Channel News Asia, mengungkapkan bahwa gempa bumi terjadi di sekitar daerah Sinabang dengan kedalaman 46 kilometer. Mengantisipasi terulangnya bencana tsunami di akhir Desember 2004, otoritas Thailand pun memperingatkan penduduk di pesisir untuk mengungsi.

Pusat Peringatan Bencana Nasional mengungkapkan bahwa ada risiko tinggi munculnya tsunami di Laut Andaman, yang berdekatan dengan Samudera Hindia. Sekitar 5.400 orang tewas saat gelombang laut itu menyerang pesisir Thailand pada akhir 2004.  

Sejak itu, Thailand telah memasang sistem peringatan dini berteknologi canggih untuk menjamin keamanan para turis dan kegiatan bisnis di pesisir pantai. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik juga mengeluarkan peringatan tsunami di Sumatra yang diakibatkan gempa.

Ini merupakan kali kedua Sumatra diguncang dalam delapan bulan terakhir. Pada September 2009, gempa bumi di Sumatra Barat menewaskan sekitar 1.000 orang. 




Wanita Open BO di Dermaga Pulau Pari Dilaporkan Hilang Sebelum Ditemukan Tewas
Kerangka manusia ditemukan di lereng Gunung Slamet.

Penemuan Kerangka Manusia Pakai Sarung dan Peci Bikin Geger Pendaki Gunung Slamet

Sesosok mayat yang sudah menjadi kerangka manusia di Pos 3, jalur pendakian Gunung Slamet masuk wilayah Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024