Survei: Penemu Telepon Ratu Inggris

VIVAnews - Satu dari sepuluh anak rupanya berpikir Ratu Inggris sebagai penemu telepon. Itulah sebuah survei mengenai pengetahuan sains anak-anak di Inggris.

Sebagian lainnya menyatakan penemu telepon adalah Charles Darwin and Noel Edmonds. Namun seperti dilansir BBC, Sabtu 13 Maret 2010, delapan dari sepuluh anak laki-laki menjawab benar yakni Alexander Graham Bell, sementara hanya 69 persen anak-anak perempuan yang menjawab.

Temuan menarik lainnya, satu dari 20 anak berpikir Luke Skywalker, karakter dalam film Star Wars, sebagai yang pertama kali menginjakkan kaki di bulan. Kemudian 60 persen dari anak berumur sembilan sampai sepuluh tahun berpikir Sir Isaac Newton sebagai penemu api, sisanya ada mengatakan Newton penemu internet atau Amerika.

Kurang dari separuh anak laki-laki (49 persen) yang benar menyatakan penemuan gravitasi oleh Newton sebagai penemuan terobosan. Sementara anak-anak perempuan 76 persen.

Meski terdapat konsepsi-konsepsi salah ini, lebih banyak anak-anak ingin memenangkan hadiah Nobel untuk sains daripada ikut kontes Idol. Survei atas 1.000 anak di Inggris pada awal Maret 2010 yang dilakukan untuk kampanye Kota Sains Birmingham ini juga menemukan ada kebingungan terhadap sejumlah penemuan ilmiah.

Dr Pam Waddell dari Kota Sains Birmingham mengatakan, "Meski beberapa temuan ini memunculkan senyuman, survei ini menandakan anak-anak sekolah tidak tertarik pada pahlawan sains seperti halnya pada legenda olahraga atau musik."

Waddell menyatakan, anak-anak sekolah dasar memiliki minat yang nyata terhadap sains. "Faktanya, hampir 70 persen dari anak usia sembilan dan sepuluh tahun ingin menjadi terkenal memenangkan Hadiah Nobel di bidang sains, namun kemudian menurun jadi 33 persen pada anak 11-15 tahun."

"Terlihat anak-anak kehilangan minat pada sains di sekolah menengah, sehingga diperlukan lebih banyak hal untuk membuat para remaja tertarik dengan subjek ini dan memunculkan kembali aspirasi masa kecil mereka," kata Waddell.

BYD Pamer Mobil Super Canggih, Bodinya Furutistik
Duel Persebaya Surabaya vs Persib Bandung

Lolos ke Championship Series, Persib Tatap Serius Laga Lawan Persebaya

Persib Bandung akan berhadapan dengan Persebaya Persebaya Surabaya dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel kedua tim digelar di Stadion Si Jalak Harupat

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024