Obama Ternyata Masih Suka Merokok

VIVAnews - Barack Obama ternyata belum juga menghentikan kebiasaan merokok. Kendati dia dinyatakan tetap dalam keadaan sehat walafiat, presiden Amerika Serikat (AS) itu masih dianjurkan untuk terus berupaya berhenti merokok sembari mengurangi kolesterol.

Demikian saran kepala tim dokter kepresidenan AS, Jeffrey Kuhlman. Dia mendokumentasikan hasil pemeriksaan Obama dalam suatu laporan tertulis yang dikirim kepada juru bicara Gedung Putih, Robert Gibbs, tertanggal 28 Februari 2010.

Ini merupakan kali pertama Obama menjalani pemeriksaan kesehatan sejak menjadi presiden AS. Dalam laporannya, Kuhlman mengungkapkan bahwa secara umum kondisi pemimpin berusia 48 tahun itu dalam keadaan sehat dan bisa menjalankan tugas-tugasnya seperti biasa.

Menariknya, di bagian rekomendasi, tim dokter meminta Obama untuk "terus menjalani upaya-upaya berhenti merokok." Tim dokter juga mengungkapkan bahwa selama ini Obama menjalani terapi pengganti nikotin. Pasalnya, tidak mudah bagi seseorang untuk langsung berhenti merokok.

Obama sendiri pernah mengaku belum bisa menghentikan kebiasaan merokok secara total. Menurut kantor berita Associated Press, dalam suatu jumpa pers Juni tahun lalu, Obama mengungkapkan baru bisa "95 persen" berhenti merokok. Dia mengaku terkadang masih menghisap rokok walau tidak sesering dulu.

"Apakah kadang-kadang saya alpa [dari tekad untuk tidak merokok]? Ya. Apakah saya merokok setiap hari? Tidak. Apakah saya rutin merokok? Tidak," kata Obama Juni lalu seperti yang dikutip laman harian The Christian Science Monitor.        

Dia pun mengaku menjalani terapi dengan mengunyah permen karet nikotin sebagai pengganti rokok. Saat baru beberapa hari menjabat sebagai presiden Januari tahun lalu, Obama pun pernah bertekad tidak akan lagi merokok.

Mungkin, istrinya, Michelle mulai harus menerapkan tindakan keras seperti yang pernah dilakukan Hillary Clinton. Mantan Ibu Negara yang kini menjadi menteri luar negeri AS itu pernah menerapkan kebijakan larangan merokok di Gedung Putih. Larangan itu berlaku pula bagi suaminya, Presiden Bill Clinton.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat
Pemain Timnas Indonesia, Jay Idzes

Pengakuan Jay Izdes, Bukti Sosok Ini Bukan Pemain Sembarangan di Timnas Indonesia

Dua pertandingan bersama Timnas Indonesia, sudah cukup bagi Jay Idzes mengetahui sosok ini bukan pemain sembarangan di Timnas Indonesia. Siapa dia?

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024