Vietnam Jabat Ketua ASEAN 2010

VIVAnews - Vietnam menggantikan Thailand sebagai ketua ASEAN untuk tahun 2010. Kepemimpinan Vietnam mulai efektif mulai 1 Januari lalu dan akan berakhir pada 31 Desember 2010.

Dengan tema kepemimpinan “Towards the ASEAN Community: from Vision to Action”, Vietnam akan fokus untuk bekerja sama dengan negara anggota ASEAN lain untuk mempercepat implementasi berbagai kesepakatan, rencana, dan program, terutama Piagam ASEAN dan Roadmap Masyarakat ASEAN (2009-2015), untuk mempererat relasi antar anggota dan negara mitra serta memajukan kawasan.

Berdasarkan rilis dari Sekretariat ASEAN, Sekretaris Jenderal ASEAN, Surin Pitsuwan, mengatakan bahwa dia terkesan dengan persiapan yang dilakukan Vietnam.

"Ketua (ASEAN) yang baru memiliki agenda dan prioritas yang jelas yang sangat berguna sebagai implementasi dan panduan dukungan bagi negara-negara anggota ASEAN, Sekretariat ASEAN, Mitra Dialog ASEAN, dan pihak luar lainnya," tambah Surin.

Surin juga mengungkapkan penghargaan kepada Thailand atas kepemimpinan mereka pada tahun lalu.

"Saya dan kolega di Sekretariat ASEAN menanti untuk bekerja bersama Vietnam," tambah Surin.

Dua Anak-anak Sempat Terjebak di Dalam Toko Bingkai yang Kebakaran
Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Wira

Polisi Sebut Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari Kerja Open BO

Tiga orang yang diduga membunuh R (35), wanita yang ditemukan tewas dengan wajah hancur di Dermaga Ujung Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan ditangkap. R diketahui warga

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024