16 November 2000

Kunjungan Bersejarah Bill Clinton ke Vietnam

VIVAnews - Tepat sembilan tahun yang lalu, Presiden Amerika Serikat (AS) waktu itu, Bill Clinton, berkunjung ke Vietnam. Clinton adalah presiden AS pertama yang bertamu ke Vietnam sejak berakhirnya perang antara kedua negara pada 1975.

Kunjungan Clinton ke Vietnam merupakan bagian dari lawatan luar negerinya yang terakhir sebagai presiden. Sebelum era Clinton, hubungan AS dan Vietnam diwarnai permusuhan akibat perang yang menewaskan 1,5 juta rakyat Vietnam dan 58.000 tentara Amerika.

Persib Bandung Bagi-bagi Takjil Gratis, Maskot Ikut Turun ke Jalan

Sejak Clinton naik menjadi presiden, hubungan kedua negara perlahan-lahan mulai membaik. Clinton melakukan berbagai upaya rekonsiliasi yang lebih berorientasi ke depan.

Ketika Clinton pertama kali menjabat presiden AS pada tahun 1993, Vietnam masih terkena embargo ekonomi oleh AS. Clinton menghapus embargo tersebut dan menghidupkan kembali hubungan diplomatik antara kedua negara.

Meskipun mendapat banyak tentangan di dalam negeri, tindakan Clinton tersebut berhasil membawa hubungan AS dan Vietnam menuju sebuah era baru.

Otto Hasibuan Klaim Pemilu 2024 Paling Damai, Bukan Paling Buruk
Gerhana Matahari.

Gerhana Matahari Bisa 'Mengocok' Emosi Manusia sampai Mewek

Menurut NASA, jangan heran jika Anda atau seseorang di sekitar akan menangis ketika menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT).

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024