15 November 2002

Hu Jintao Duduki Tampuk Kekuasaan China

VIVAnews - Pada 15 November 2002, Hu Jintao diangkat menjadi Sekretaris Jenderal Partai Komunis, yang merupakan posisi puncak dalam dunia politik di China. Sebelumnya Hu telah menduduki sejumlah jabatan penting di partai komunis, terutama di daerah barat Cina.

Karir politik Hu Jintao dimulai sejak ia bergabung dengan Partai Komunis pada tahun 1964. Pada tahun 1980, Hu terpilih sebagai salah satu kader muda Komunis yang akan dididik menjadi pemimpin masa depan Cina.

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan

Setahun kemudian, Hu Jintao mulai menjalani serangkaian pelatihan di Beijing. Pada tahun 1982, ia diangkat menjadi sekretaris Komite Pusat Liga Pemuda Komunis.

Dua tahun kemudian Hu dipromosikan sebagai Sekretaris Pertama organisasi tersebut. Pada tahun 1992, Hu diangkat oleh Deng Xiaoping sebagai pemimpin Biro Politik Komite Pusat

Pada tahun 2002, seluruh pemimpin senior Cina di Komite Pusat mengundurkan diri, menjadikan Hu satu-satunya calon kuat pemimpin baru Cina.

Kasus Pemerasan Firli Bahuri Mandek, Kombes Ade Safri: Pasti Tuntas

Di tahun yang sama, Hu diangkat sebagai Sekjen Komite Pusat Partai Komunis Cina.  Setahun kemudian, Hu Jintao dinobatkan sebagai presiden Cina menggantikan Jiang Zemin.

Dokumentasi BNPB

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Banjir Lahar Dingin yang dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi di wilayah Gunung Semeru membuat meluapnya debit air Daerah Aliran Sungai (DAS).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024