13 November 1985

Gunung di Kolombia Meletus, 23 Ribu Tewas

VIVAnews - Pada 24 tahun yang lalu, Gunung Nevado del Ruiz di provinsi Tolima, Kolombia, meletus secara dahsyat. Letusan yang terjadi selang 150 tahun ini menyebabkan kerusakan yang sangat dahsyat. Empat kota yang berada di bawahnya terkubur abu dan longsoran lumpur. 

Laman stasiun televisi BBC mengungkapkan, kota yang terkena dampak terparah adalah Armero. Kota yang berjarak 50 kilometer dari Ibukota Bogota ini hancur total karena tertimpa aliran lumpur dan reruntuhan bangunan.

Pilpres 2024 Sudah Selesai, Rosan: Tugas TKN Berakhir, Arahan Prabowo jadi Paguyuban

Lebih dari 23.000 penduduk Armero tewas. Penduduk tidak sempat menyelamatkan diri karena letusan terjadi di malam hari. Tanda-tanda akan adanya letusan sebenarnya sudah terjadi sejak beberapa bulan sebelumnya. Namun pemerintah tidak melakukan evakuasi karena menganggap kota Armero masih aman untuk ditinggali.

Letusan Gunung Nevado del Ruiz pada tahun 1985 ini merupakan letusan gunung berapi paling mematikan kedua sepanjang abad kedua puluh. Sebelumnya, Gunung Nevado telah dua kali meletus, yakni pada tahun 1595 dan 1845.

Presiden Jokowi bersama Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung

Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengklaim telah berhasil menjadi pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Sebab, Budi

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024