FOTO: Ribuan Rakyat Mesir Rayakan Jatuhnya Presiden Mursi

pengunjuk rasa anti presiden mursi rayakan kemenangan
Sumber :
  • REUTERS/Asmaa Waguih
VIVAnews -
Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients
Presiden Mesir Mohamed Mursi digulingkan kekuasaannya oleh pihak militer, Rabu malam waktu setempat.

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan

Usai dilengserkan, para pengunjuk rasa yang oposisi menunjukkan rasa suka cita mereka dengan menari di Tahrir Square, kairo, Mesir. Mereka merayakan tergulingnya Mursi di bawah pesta kembang api dan kibaran bendera-bendera Mesir.
Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban


Lihat foto-fotonya di


Pengumuman penggulingan Mursi disampaikan oleh Kepala Staf Militer Mesir Jenderal Abdel Fattah Al-Sisi di televisi nasional, didampingi oleh pemimpin oposisi Mohamed ElBaradei dan Paus Kristen Koptik Tawadros II.


Dia mengatakan, militer terpaksa bertindak setelah Mursi menolak membuat pemerintahan rekonsiliasi nasional. Dia mengatakan bahwa militer bertindak demi memenuhi aspirasi rakyat Mesir.


"Rakyat menyerukan campur tangan militer untuk kemenangan mereka, bukan untuk berkuasa atau memerintah. Tapi, menuntut perlindungan dan kewajiban yang lain," kata Al-sisi.


Al-sisi juga mengumumkan bahwa Ketua Mahkamah Konstitusi Mesir, Adly al-Mansour, 67, menjadi presiden sementara. Dibantu dengan para ahli, pemerintahan yang baru akan merancang pemilu yang baru.


Pengumuman ini disambut gembira oleh ratusan ribu massa anti Mursi di seluruh Mesir. "Militer Mesir adalah yang terbaik di muka Bumi. Kami bangga pada militer kami, mereka melindungi kami," kata Jihan Spahi, 55, di Tahrir Square. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya