Pesawat Jet Siap Jemput Snowden ke Islandia

Edward Snowden
Sumber :
  • businessinsider.com
VIVAnews -
Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia
Berita soal dakwaan yang dilakukan pemerintah AS berbarengan dengan munculnya informasi seorang pengusaha yang telah menyiapkan pesawat jet pribadi bagi Snowden . Pengusaha tersebut diketahui terkait dengan situs pembocor rahasia AS, Wikileaks.

Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah

Hal tersebut disampaikan Kepala DataCell yang bertanggungjawab terhadap donasi bagi Wikileaks, Olafur Sigurvinsson. Menurut Sigurvinsson, semua persiapan bagi Snowden untuk terbang ke Islandia sudah siap.
Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas


"Kami telah melakukan semua yang kami mampu. Sebuah pesawat jet sudah disiapkan dan semua logistik juga sudah tersedia," ujar Sigurvinsson kepada stasiun televisi
Channel2.


Sementara menurut kepala juru bicara Menteri Dalam Negeri Islandia, Johannes Tomasson mengatakan, poin terpenting apabila Snowden ingin memperoleh suaka dari pemerintahnya, maka secara fisik dia harus berada terlebih dahulu di Islandia.


"Itu merupakan aturan nomor satu untuk memulai semua prosesnya," ujar Tomasson.


Sementara beberapa ahli di Islandia menilai pemerintah negara itu tidak akan menyambut baik kedatangan Snowden. Hal itu disebabkan untuk memperoleh suaka di Islandia tidaklah semudah yang dibayangkan.


"Saya malah akan sangat terkejut apabila pemerintah berniat membuat konflik internasional dengan AS, dan sangat sulit untuk mendapat suaka di sini," ujar pengajar ilmu politik di Universitas Islandia, Stefania Oskarsdottir kepada Reuters.


Keberadaan Snowden sampai saat ini masih belum diketahui. Namun, dia diyakini masih berada di Hong Kong, dalam sebuah rumah perlindungan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya