Korea Utara Luncurkan Tiga Rudal Jarak Pendek

Model rudal Korea Utara di Museum Memorial Perang Korea di Seoul, Korea Selatan.
Sumber :
  • REUTERS/Lee Jae-Won
VIVAnews
Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi
– Setelah awal Mei kemarin Korea Utara menarik seluruh rudal perang dari posisinya, Sabtu pagi ini negara pimpinan Kim Jong-un itu dilaporkan meluncurkan tiga rudal jarak pendek. Kementerian Pertahanan Korea Selatan melaporkan Korut telah meluncurkan dua nuklir jarak pendek pagi ini, sementara satu rudal lagi diluncurkan pada siang harinya.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

Kantor berita
Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan
CNN , Sabtu 18 Mei 2013, melaporkan tiga rudal jarak pendek itu ditembakkan ke laut lepas di pantai timur Semenanjung Korea. Kendati Kementerian Pertahanan Korsel telah mengetahui aksi peluncuran rudal itu, mereka tidak ingin berspekulasi apakah tindakan Korut merupakan bagian dari uji coba atau latihan militer.


Namun Korsel mengatakan terus memantau perkembangan yang terjadi di Semenanjung Korea dan bersiap untuk menghadapi segala kemungkinan. “Dalam aksi provokasi apapun, pihak Kementerian akan terus memantau dan selalu waspada,” ujar perwakilan Kemhan Korsel kepada kantor berita
Yonhap
.


Menurut sebuah organisasi Arms Control Association yang berbasis di Amerika Serikat, rudal jarak pendek yang ditembakkan Korut diperkirakan dapat menempuh jarak kurang dari 1.000 kilometer. Sementara menurut sumber pemerintah Jepang yang dikutip oleh kantor berita Kyodo, mereka mengatakan sudah tahu mengenai peluncuran tiga rudal itu. Tapi pemerintah Jepang belum mendapat laporan apabila ada rudal yang jatuh di wilayah mereka.


Ketegangan di wilayah Semenanjung Korea sempat mereda beberapa hari belakangan ini, setelah mereka sebelumnya sempat mengancam akan terjadi perang terbuka. Saat itu pejabat resmi AS dan Korsel sempat khawatir rezim Kim Jong-un akan meluncurkan uji coba balistik rudal jarak jauh bernama Musudan. Menurut pemerintah Korsel, Musudan dipercaya memiliki jarak tempuh maksimal hingga 3.500 kilometer.


Diperkirakan rudal itu akan diarahkan ke Korsel dan Kepulauan Guam, tempat pangkalan militer AS berada. Ketegangan itu bermula di saat dunia internasional bereaksi keras atas uji coba nuklir Korut yang dilakukan Desember 2012 dan Februari 2013 lalu. PBB bersama beberapa negara kemudian sepakat menjatuhkan sanksi kepada Korut atas aksi uji coba nuklir itu. Korut pun bertambah geram dengan sanksi tambahan itu. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya