Koloni Pertama di Benua Amerika Kanibal?

Tengkorak para korban kekejaman Khmer Merah di Kamboja
Sumber :
  • Wikimedia Commons / Anonymous
VIVAnews -
Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?
Salah satu koloni pendatang pertama dari Inggris di benua Amerika memakan manusia untuk bertahan hidup di iklim keras. Ini dibuktikan para ilmuwan yang meneliti sebuah tengkorak milik seorang gadis yang diduga korban kanibalisme pada abad ke-16.

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi

Diberitakan
Kubu Ganjar-Mahfud Ingin Suara Prabowo-Gibran Nol, Begini Kata KPU
Reuters , Rabu 1 Mei 2013, tengkorak ini menjadi bukti adanya praktik kanibalisme oleh Koloni Jamestown di Virginia. Dalam penggalian di Jamestown, para ilmuwan dari Institut Smithsonian juga menemukan tulang anjing, kucing dan kuda yang dimakan para pendatang saat terjadi bencana kelaparan tahun 1609.


Tulang dan tengkorak yang diberi nama "Jane" itu memiliki struktur gadis muda. Menurut Douglas Owsley, usianya diperkirakan sekitar 14 tahun, dilihat dari gigi geraham terakhirnya yang belum tumbuh. Selain itu, kata Owsley, banyak nitrogen di tulangnya, menandakan dia makan banyak daging.


Ini menunjukkan bahwa Jane kemungkinan adalah anak atau pembantu orang kaya. Tidak diketahui apakah Jane dibunuh atau meninggal secara alami. Yang jelas, setelah kematiannya, tubuh Jane dipotong-potong oleh seorang yang mengerti struktur tulang dan daging manusia, kemungkinan dia pernah melakukannya sebelumnya.


"Dalam
post-mortem
, diketahui tengkorak dibelah dari jidat hingga ke belakang kepala, membuat tengkorak itu terbuka untuk mengambil otaknya. Banyak bekas sayatan di seluruh wajahnya," kata Owsley.


Pada 1609, kata dia, para pendatang menerima ancaman dari para masyarakat pribumi yang membunuhi banyak dari kaum pria. Sementara wanita, anak-anak dan orang sakit bersembunyi di dalam tempat perlindungan. Diduga, orang yang memotong-motong Jane adalah seorang wanita.


Otak, lidah, pipi dan otot kaki terlihat habis dimakan. Owsley mengatakan, otak kemungkinan dimakan lebih dulu karena bisa membusuk dengan cepat setelah kematian. Para ilmuwan menduga, hubungan dengan Indian yang buruk dan tidak datangnya lagi kapal pemasok logistik dari Inggris membuat koloni Jamestown kelaparan sehingga bisa memakan manusia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya