2-4-2005: Wafatnya Paus Yohanes Paulus II

Paus Yohanes Paulus II
Sumber :
  • REUTERS
VIVAnews
Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans
- Pada delapan tahun yang lalu, pemimpin Gereja Katolik Roma se-dunia dan Tahta Suci Vatikan, Paus Yohanes Paulus II, wafat di usia 84 tahun. Rohaniwan asal Polandia itu adalah kedua terlama yang menjabat sebagai pemimpin Gereja Katolik Roma.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Laman stasiun televisi
Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah
BBC mengungkapkan bahwa Paus wafat di kediamannya, di Vatikan, pukul 21.37 waktu setempat, dan dikelilingi oleh para rohaniwan setempat.


Ribuan orang berkumpul di lapangan St.Peter di Roma, Italia, untuk melepas kepergian Sang Paus, sedangkan lonceng gereja terus berdentang di seluruh kota.


Paus Yohanes Paulus II wafat setelah menderita berbagai masalah kesehatan, termasuk kondisi jantung.


Posisi yang ditinggalkan almarhum akhirnya diisi oleh Benediktus XVI asal Jerman, melalui pemilihan yang berlangsung ketat di kalangan kardinal.


Bernama asli Karol Josef Wojtyla, dia merupakan rohaniwan non Italia pertama sejak 1523 yang dipercaya menjadi pemimpin Gereja Katolik Roma.


Ditahbiskan menjadi Paus Yohanes Paulus II pada 1978, almarhum pernah selamat dari percobaan pembunuhan dan turut berperan meruntuhkan pengaruh komunis di negara-negara Eropa Timur akhir dekade 1990-an. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya