Barack Obama Ancam Serang Suriah

Presiden AS Barack Obama
Sumber :
  • REUTERS/Larry Downing

VIVAnews - Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengancam akan menyerang Suriah jika rezim Bashar al-Assad menggunakan senjata kimia untuk menggempur warga. Ini adalah komentar terkeras Obama setelah seluruh upaya AS menghentikan kekerasan di Suriah selalu terganjal veto.

Sebagaimana diberitakan Reuters, Selasa 21 Agustus 2012, Obama mengatakan bahwa penggunaan senjata kimia adalah batas kesabaran Amerika Serikat. Selama ini, katanya, AS telah menahan diri dan tidak menurunkan kekuatan militer ke Suriah.

"Pada titik ini, tidak perlu ada intervensi militer. Batas kesabaran kami adalah jika ada senjata kimia yang digunakan, dan itu akan mengubah keputusan saya," kata Obama.

Walau belum dibuktikan bahwa Suriah punya senjata kimia, namun rezim Assad mengaku memilikinya. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Suriah, Jihad Makdissi, bulan lalu mengatakan senjata kimia tidak akan digunakan terhadap para pemberontak, tetapi untuk melawan tentara asing yang mencoba turut campur.

Suriah adalah salah satu negara yang tidak menandatangani Konvensi Senjata Kimia. Menurut situs Global Security, ada empat gudang senjata kimia di Suriah, di antaranya adalah VX, sarin dan tabun.

Terpopuler: Harga Pemain Timnas Indonesia Paling Mahal, Naturalisasi Shin Tae-yong

Bukan tidak mungkin AS menurunkan tentaranya. Sebelumnya, AS dan NATO telah menggempur Libya utuk menumbangkan rezim Moammar Khadafi. Inilah yang ditakutkan oleh negara-negara sekutu Suriah, seperti Rusia dan China.

"Kami tidak ingin senjata kimia jatuh di tangan orang yang salah. Kami tengah memonitor situasi dengan hati-hati, kami harus membuat rencana dengan seksama," kata Obama.

Upaya Amerika Serikat selama ini dalam membantu Suriah di jalur diplomatis selalu terganjal veto oleh Rusia dan China. Sejak Maret tahun lalu, PBB mencatat, telah lebih dari 10.000 orang yang tewas di Suriah.

Deva Mahenra dan Mikha Tambayong

Nikah Beda Agama, 5 Artis Ini Jalankan Puasa Ramadhan Tanpa Pasangan

Ramadan menghadirkan kesan yang lebih mendalam saat dirayakan bersama keluarga. Namun, berbeda dengan sejumlah artis ini karena memiliki pasangan beda agama.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024