15-8-1945: Jepang Menyerah, Perang Dunia Usai

Jepang menyerah kepada Pasukan Sekutu pada 1945
Sumber :
  • Wikimedia Commons / US Army

VIVAnews - Pada 67 tahun lalu, Kaisar Hirohito menyatakan Jepang kalah perang dan menyerah kepada pasukan Sekutu pimpinan Amerika Serikat. Dengan demikian, berakhir pula Perang Dunia Kedua setelah sebelumnya Jerman menyerah kalah kepada Sekutu.

Menurut The History Channel, pengumuman itu disampaikan Hirohito melalui siaran radio tepat pada tengah hari. Menurut Hirohito, Jepang terpaksa menyerah setelah musuh menggunakan senjata baru yang amat dahsyat, yang menewaskan banyak jiwa.

Senjata yang dimaksud Hirohito adalah bom atom, yang dijatuhkan pesawat militer AS. Pertama di Kota Hiroshima pada 6 Agustus 1945, dan tiga hari kemudian senjata pemusnah massal itu menghancurkan Kota Nagasaki.

Bagi AS, dua bom atom itu sengaja dijatuhkan setelah Jepang saat itu tidak menunjukkan gelagat untuk menyerah. Pada akhir Juli 1945, AS, Inggris, dan China menjatuhkan ultimatum kepada Jepang dengan dua pilihan: menyerah tanpa syarat atau hancur total.

Setelah tragedi di Hiroshima dan Nagasaki, pada 10 Agustus 1945, Jepang menerima opsi pertama dan baru diumumkan lima hari kemudian. Pengumuman itu dirayakan dengan pesta besar di New York, AS, sebagai pertanda usainya Perang Dunia Kedua.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Pernyataan menyerah kepada Pasukan Sekutu baru resmi disampaikan Jepang pada 2 September 1945. Di atas kapal perang USS Missouri, Menteri Luar Negeri Jepang, Mamoru Shigemitsu, menyatakan negaranya menyerah dan mengaku kalah tanpa syarat kepada Sekutu, yang diwakili Jenderal Richard K. Sutherland dari Angkatan Darat AS. (art)

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Persiapan Langkah Hukum Paslon AMIN

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dikabarkan bakal maju dalam Pilkada Serentak 2024. Ia dikabarkan akan maju pada Pilgub Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024