VIDEO: Kapal Perang AS Tabrak Tanker Jepang

Kapal Destroyer USS Porter setelah bertabrakan dengan kapal tanker Jepang
Sumber :
  • REUTERS/U.S. Navy photo by Mass Communication Specialist 3rd Class Jonathan Sunderman/Handout

VIVAnews - Sebuah kapal perang milik Amerika Serikat bertabrakan dengan kapal tanker minyak milik Jepang di Selat Hormuz pada Minggu waktu setempat. Tidak ada korban dan pencemaran minyak akibat tabrakan itu.

Menurut Pangkalan Kelima Armada Militer AS, kapal destroyer mereka, USS Porter, bertabrakan dengan kapal Jepang berbendera Panama, M/V Otowasan. Penyelidikan penyebab tabrakan ini masih berlangsung. Meski bertabrakan, kapal USS Porter masih tetap beroperasi kendati mengalami kerusakan.

"Kedua kapal baik-baik saja dan Selat Hormuz tidak sampai ditutup. Bisnis tetap berjalan seperti biasa," kata seorang petugas penjaga pantai di Oman kepada kantor berita Reuters.

Foto yang disebarkan Angkatan Laut AS memperlihatkan bahwa sebagian badan USS Porter di bagian samping depan atas penyok cukup parah. Kerusakan itu tidak berdampak fatal sehingga kapal tetap bisa beroperasi.

Tidak diungkapkan seberapa parah kerusakan pada kapal tanker Jepang. Kapal Jepang milik perusahaan Mitsui OSK yang membawa minyak itu bergerak menuju kota pelabuhan Fujairah di Uni Emirat Arab. Tanker itu berangkat dari Mesaieed, Qatar.

Tabrakan ini tidak sampai mengganggu rutinitas di Selat Hormuz. Lokasi yang merupakan salah satu perairan strategis bagi distribusi energi. Sekitar 40 persen lalu lintas kapal minyak dunia melintasi selat tersebut.

Gaya Hidup Aktif Masyarakat Dorong Permintaan akan Perangkat yang Sesuai
Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Eks Stafsus Kementan Akui Pernah Diperintah SYL Urus Ultah Nasdem

Mantan Staf KhususSyahrul Yasin Limpo alias SYL di Kementan RI, Imam Mujahidin Fahmid mengatakan dirinya sempat mendapatkan perintah dari SYL untuk mengurus ultah NasDem.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024