Negara Timur Tengah Mulai Puasa Hari Ini

Bulan Ramadhan Di Pakistan
Sumber :

VIVAnews - Kebanyakan negeri di Timur Tengah telah menetapkan hari pertama bulan Ramadhan jatuh pada Jumat, 20 Juli 2012. Kendati demikian, seperti halnya di tanah air, masih terdapat perbedaan di antara beberapa kalangan tentang kapan puasa dimulai.

Diberitakan Washington Post, pemerintah beberapa negara di Timur Tengah, sebut saja Mesir, Arab Saudi, Lebanon, Yordania, Qatar, Libya dan Yaman telah mulai berpuasa pada hari ini. Serupa dengan di Indonesia, beberapa kelompok di negara-negara tersebut juga ada yang mulai puasa pada Sabtu besok, didasarkan pada perbedaan penghitungan hilal.

Beberapa orang menggunakan penghitungan sistematis dan canggih dalam melihat hilal. Beberapa lainnya hanya menggunakan mata telanjang. Inilah penyebab mendasar perbedaan tersebut. Tidak ada yang salah, selama berdasar dan konsisten.

Jika diperhatikan seksama, perbedaan yang paling kentara di Timur Tengah adalah tanggal puasa warga Sunni dan Syiah. Sementara negara-negara mayoritas Sunni seperti Arab Saudi, Mesir, dan Yaman, mulai puasa hari ini, negara Syiah seperti Suriah dan Iran mulai berpuasa pada Sabtu, 21 Juli 2012.

Di dalam negeri Suriah, pemerintahan Bashar al-Assad yang Syiah mulai puasa besok. Sementara kelompok oposisi yang Sunni, Dewan Nasional Suriah (SNC), mulai puasa hari ini. Perbedaan didasarkan atas penghitungan hilal, tidak ada urusannya dengan posisi politis.

Pengemudi Fortuner Arogan Bikin Geram Kolonel Pom Jeffri: Gayanya Melebihi Tentara

Kendati demikian, SNC tidak berhenti menyerukan propaganda perlawanan pada pemerintah di bulan Ramadan. "Bulan suci Ramadah akan menjadi bulan kemenangan melawan para kriminal (rezim Assad)," ujar SNC di laman Facebooknya.

Di Mesir, Presiden baru negara tersebut, Mohammed Mursi, menyambut Ramadan dengan membebaskan 572 warga sipil di pengadilan militer. Namun ini masih belum memuaskan para aktivis pro demokrasi. Menurut mereka, masih ada 11.000 orang yang diadili di pengadilan militer sejak revolusi pecah tahun lalu.  (umi)

Pemerintah Indonesia sendiri menetapkan 1 Ramadan pada Sabtu besok. Hal ini didasarkan pada tidak terlihatnya hilal pada sidang Isbat Kamis malam. Tapi beberapa organisasi, seperti Muhammadiyah, telah mulai berpuasa hari ini.

Terjebak Banjir di Dubai, Atta Halilintar Tetap Kirim Doa untuk Sulawesi Utara
Ekspor-Impor

Di Depan Para Pengusaha Ritel, Airlangga Sebut Aturan Impor Bakal Direvisi

Menko Ekonomi Airlangga Hartarto menyatakan bahwa Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 36 Tahun 2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024