FOTO

Suasana Malam di Gedung Kedua Tertinggi Dunia

Taipei 101 8
Sumber :

VIVAnews - Sebuah gedung menjulang tinggi di langit Kota Taipei, ibu kota Taiwan. Namanya, Taipei World Financial Center atau lebih dikenal dengan Taipei 101.

Dengan tinggi 508 meter, Taipei 101 sempat dinobatkan sebagai gedung tertinggi di dunia pada 2004 -- menggeser Petronas, Malaysia. Namun, pada 2010, rekornya dilampaui oleh Burj Khalifa di Dubai.

Heboh Aksi Pedagang Buang Puluhan Ton Buah Pepaya, Ternyata Ini Penyebabnya

Taipei 101 2 

Bagaimanapun, dalam sejumlah aspek, gedung ini adalah salah satu yang tercanggih di dunia. Salah satunya: elevator supercepat yang pada tahun 2004 memegang rekor Guinness Record World Fastest Elevator.

Dua liftt Toshiba bisa melaju dengan kecepatan maksimum 1.010 meter/menit. Mampu membawa pengunjung dari lantai dasar ke lantai pengamatan di lantai 89 hanya dalam waktu 39 detik.

Lalu, ada sebuah pendulum seberat 800 ton dipasang di lantai 88, untuk menstabilkan menara ini terhadap goyangan yang timbul dari gempa bumi, angin topan maupun gaya geser dari angin. Pendulum itu dibuat dengan 41 lapisan pelat baja yang solid. Pembuatannya memerlukan uang lebih dari 132 juta dolar Taiwan.

Taipei 101 3

Struktur gedung juga dirancang tetap bertahan saat diguncang gempa -- yang terkuat sepanjang 2.500 tahun belakangan. Sementara kacanya, menyerap cahaya matahari sehingga membuat gedung ini ramah lingkungan.  

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Taipei 101 1

Berkunjung ke Taipei 101 berarti juga kesempatan berbelanja di lantai 88, atau menikmati es krim sambil menikmati Taipei dari ketinggian.

Kasus Uang Tutup Mulut Donald Trump Seret Nama Karen McDougal, Siapa Dia?

Taipei 101 6
Selain di dalam ruangan, Taipei 101 juga menyediakan observatorium luar ruangan -- di mana orang bisa menikmati pemandangan sekaligus merasakan kencangnya terpaan angin di lantai 91.

Sebagian besar lantai bangunan berbentuk mirip pagoda tersebut digunakan sebagai perkantoran. Di bagian atas untuk menara komunikasi, observatorium, restoran, dan toko perhiasan. Juga galeri seni dari karang. Sementara bagian bawah digunakan sebagai mal dan lobi gedung.

Taipei 101 5

Taipei 101 7

Taipei 101 4

(umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya