Sekjen ASEAN Puji Daya Tahan Asia Tenggara

Surin Pitsuwan menyerahkan simbol Piagam ASEAN kepada Mun Patanotai(kanan).
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Di antara kawasan-kawasan lain, Asia Tenggara merupakan wilayah yang terakhir dan paling sedikit terkena dampak pelemahan ekonomi global. Kawasan ini pula yang pertama kali bangkit dan keluar dari krisis 2007-2008.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Ini berkat solidnya kerjasama negara-negara yang tergabung dalam Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Demikian penilaian Sekretaris Jenderal ASEAN, Surin Pitsuwan. "Lihat kawasan lain di Afrika, Timur Tengah, Amerika Latin. Tanpa dukungan dari luar, dari mitra dialog dan mitra non-dialog, sulit membayangkan Asia Tenggara berada dalam stabilitas perdamaian dan keamanan seperti saat seperti ini," kata Surin.

Dia mengatakan hal tersebut saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ASEAN ke-43 di Jakarta. Dalam perayaan di Sekretariat Jenderal ASEAN itu turut hadir Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa.  

"Kami hanya bisa membayangkan bagaimana kondisi Asia Tenggara tanpa ASEAN," lanjut Surin. Daya tahan Asia Tenggara yang cukup bagus dalam menghadapi krisis global membuat banyak membuat negara dari kawasan-kawasan lain untuk mengambil inspirasi dari ASEAN. 

"Itulah mengapa mereka undang kita ke Forum G-20, untuk berbagi kepada dunia bagaimana kita mengkoordinasikan kebijakan ekonomi kita dan bekerja sama dalam membawa kepercayaan pada keamanan di kawasan," lanjut mantan menteri luar negeri Thailand itu.

Sementara itu, Natalegawa mengungkapkan bahwa ASEAN terus berupaya untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat di negara-negara anggota.

"Kami kira [komitmen] ini sudah menjadi ketetapan ASEAN, dan terutama bagi Indonesia nantinya dalam mengetuai ASEAN pada Januari 2011, Indonesia akan memiliki peluang untuk memberikan nilai tambah bagi upaya itu," kata Natalegawa.

ASEAN dibentuk pada 8 Agustus 1967 melalui penandatanganan deklarasi di Bangkok, Thailand. Mengingat tanggal 8 Agustus tahun ini jatuh pada hari Minggu, peringatan HUT dilakukan Senin.

Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang
Penumpang bus dari terminal Batoh, Banda Aceh. VIVA/Dani Randi

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

Pergerakan arus mudik hari raya Idul Fitri Tahun 2024 di Provinsi Aceh diprediksi mengalami peningkatan dibanding tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024